Sabtu 27 Aug 2022 17:11 WIB

Program Bayi Tabung Semakin Dekat dengan Warga Tangerang

Program bayi tabung di Indonesia pada 2021 tercatat mencapai 13 ribu siklus.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Presentasi proses program bayi tabung (ilustrasi)
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Presentasi proses program bayi tabung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Data Perhimpunan Fertilisasi In Vitro Indonesia (Perfitri) menunjukkan, total siklus program bayi tabung (IVF) di Indonesia pada 2021 tercatat mencapai lebih dari 13 ribu siklus. Untuk di wilayah Tangerang, tercatat ada 670 pasang yang menjalani program tersebut, di mana 32 persennya berasal dari Morula IVF Tangerang dengan tingkat keberhasilan tertinggi hingga 75 persen.

"Tingkat kesuksesan bayi tabung Morula IVF Tangerang sendiri, tercatat fresh embryo transfer memiliki peluang keberhasilan sebesar 40-45 persen, sementara transfer embrio beku atau frozen embryo transfer (FET) sebesar 50-55 persen peluang kehamilan, dengan pencapaian tingkat keberhasilan tertinggi hingga 75 persen,” ujar Chief Executive Officer PT Morula Indonesia, dr Ivan Rizal Sini, di Rumah Sakit (RS) Mentari Tangerang, Karawaci, Tangerang, Sabtu (27/8/2022).

Dia menerangkan, melihat data Perfitri di atas, dari 13 ribu siklus itu Morula IVF Indonesia menguasai hampir 50 persen market sharenya di industri bayi tabung seluruh Indonesia. Dia yakin, pihaknya mampu menjangkau pasar yang lebih luas di wilayah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Cilegon yang ingin melaksanakan program IVF atau bayi tabung.

"Di Morula IVF Tangerang, kami mengedepankan konsep comprehensive fertility centre, yaitu tidak hanya fokus kepada pelayanan bayi tabung semata, namun lebih meluas kepada pelayanan fertilitas yang menyeluruh," ujar Ivan.

Morula IVF Tangerang resmi hadir di RS Mentari Tangerang. Pelayanan dipusatkan di dua lantai. Pada lantai II, dipusatkan untuk konsultasi dokter dan pengecekan laboratorium serta analisa sperma. Sementara pelayanan di lantai III merupakan ruang khusus untuk Laboratorium Embryologist serta ruang operasi khusus untuk proses tindakan ovum pick up (OPU), embryo transfer (ET), maupun tindakan operatif lainnya.

Mereka hadir dengan menyediakan fasilitas teknologi reproduksi berbantu (TRB) secara lengkap, terutama program bayi tabung atau IVF, serta didukung dengan teknologi Pre-implantation Genetic Testing for Aneuploidy (PGT-A), ERA (Endometrial Receptivity Analysis), laboratorium, konsultasi program kehamilan, laparoscopy, hysteroscopy, serta tindakan penunjang lainnya.

Morula IVF Tangerang didukung oleh tenaga medis berkompeten sehingga menjadikan Morula IVF Tangerang sebagai pusat layanan klinik bayi tabung komprehensif terdepan di area Tangerang. Hadirnya Morula IVF Tangerang di RS Mentari merupakan salah satu upaya RS Mentari untuk menambah cakupan pelayanan yang ada di RS.

Hal itu juga ditujukan untuk memberikan harapan bagi masyarakat Tangerang, khususnya bagi mereka yang telah lama mempunyai impian memperoleh buah hati. Penambahan cakupan palayanan itu telah sesuai dengan rencana pengembangan salah satu Center of Excellence di RS Mentari yang adalah pelayanan Ibu dan Anak.

Pelayanan IVF di RS Mentari merupakan salah satu langkah awal dalam upaya RS Mentari untuk membangun Women and Child Center Care di Tangerang. Sinergi kedua entitas itu diharapkan dapat menjawab kebutuhan pasangan infertilitas di wilayah Tangerang dan sekitar.

Direktur Utama RS Mentari Tangerang, Evi Vania, mengatakan, Morula IVF Indonesia adalah salah satu layanan fertilitas bayi tabung terbesar di Indonesia, dengan rekam jejak yang bagus selama 24 tahun terakhir ini. Karena itu, RS Mentari Tangerang tidak ragu dalam mengambil keputusan untuk menjalin kerja sama dengan Morula IVF Indonesia guna membantu para pejuang buah hati.

"Kami juga berharap para pejuang buah hati di Tangerang dan sekitarnya bisa merasakan pelayanan tersebut dengan aman, nyaman dan berkualitas di RS Mentari Tangerang tanpa perlu jauh ke tempat lain,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement