Rabu 24 Aug 2022 22:21 WIB

BMKG: Delapan Daerah di Kalimantan Timur Diprediksi Alami Hujan Petir Besok

BMKG imbau warga Kalimantan Timur untuk waspada cuaca hujan petir.

BMKG imbau warga Kalimantan Timur untuk waspada cuaca hujan petir.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
BMKG imbau warga Kalimantan Timur untuk waspada cuaca hujan petir.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan memprakirakan, terdapat delapan daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan petir pada Kamis (25/8/2022) hingga Jumat (26/8/2022) sore, malam, dan dini hari. "Hujan petir dapat disertai angin kencang sehingga berdampak pada sejumlah hal, maka semua pihak harus waspada," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Rabu (23/8/2022).

Baca Juga

Dampak dari hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kehati-hatian harus diutamakan oleh semua pihak. Peringatan dini terhadap prakiraan peristiwa ini pun telah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di provinsi dan kabupaten setempat agar bisa dilakukan antisipasi, untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat.

Sedangkan delapan daerah tersebut adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser. Ia merinci, hujan petir di Balikpapan diprakirakan terjadi pada Kamis sekitar pukul 20.00 wita di Kecamatan Balikpapan Timur, di Kabupaten Berau sekitar 17.00 wita pada Kecamatan Kelay dan Segah.

Kabupaten Kutai Barat pada Kamis sekitar pukul 17.00 berpotensi terjadi di Kecamatan Damai, sekitar pukul 20.00 berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan, kecuali Kecamatan Bongan yang cerah dan Kecamatan Penyinggahan yang hujan sedang. Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara pada Kamis, pukul 17.00 dan 20.00 diprakirakan terjadi di Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, dan Kenohan, pada Jumat dini hari diprakirakan di Kecamatan Muara Jawa, Anggana, Loa Janan, dan Samboja.

Untuk Kabupaten Kutai Timur, pada Kamis sekitar pukul 17.00 dan 20.00 hujan petir dan hujan lebat berpotensi terjadi di Kecamatan Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Wahau, dan Busang. Kabupaten Mahakam Ulu pada Kamis sore hingga malam hari, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Laham, Long Hubung, Long Bagun, Long Pahangai, dan Long Apari.

Di Kabupaten Paser pada Kamis sore dan malam berpotensi terjadi di Kecamatan Muara Samu dan Tanjung Harapan, pada Jumat dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Kali.

"Untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Jumat dini hari atau sekitar pukul 05.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Waru dan Babulu," ucap Iwan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement