Senin 22 Aug 2022 03:50 WIB

Bank Sumsel Babel Dukung Peningkatan Pendapatan Daerah

Salah satu dukungan dari Bank Sumsel Babel adalah pemasangan tappingbox di restoran.

Bank Sumsel Babel. Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung pemerintah Kabupaten Bangka dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk percepatan pembangunan daerah.
Foto: sumselbabel.com
Bank Sumsel Babel. Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung pemerintah Kabupaten Bangka dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk percepatan pembangunan daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung pemerintah Kabupaten Bangka dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk percepatan pembangunan daerah.

"Sebagai lembaga keuangan mitra pemerintah daerah, kami mendukung sepenuhnya pemerintah Kabupaten Bangka dalam meningkatkan PAD," kata Wakil Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Sungailiat Mulyawan Prema Putra dalam keterangan di Bangka, Ahad (21/8/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan, salah satu bentuk dukungan yang dilakukan Bank Sumsel Babel adalah pemasangan alat teknologi perekam transaksi (tappingbox) di restoran dan rumah makan.

"Kami menargetkan sampai akhir 2022, 30 unit tappingbox sudah terpasang semua di sejumlah restoran atau rumah makan yang tunjuk," katanya.

Dia mengatakan, pemasangan tappingbox sebanyak 30 unit tersebut merupakan pemasangan lanjutan. Sebelumnya sudah terpasang 30 unit sehingga total tappingbox yang terpasang sebanyak 60 unit.

"Kami sudah bertemu dengan teman-teman dari tim Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (OPAD) serta pihak BPPKAD Bangka untuk melakukan proses pemasangan perangkat teknologi tersebut langsung dari pihak vendor," jelasnya.

Menurut dia, jika ada persoalan penggunaan oleh pihak restoran atau rumah makan, nantinya akan lebih ditekankan pada sosialisasi edukasi operasional teknologi perekam transaksi kepada pengguna.

"Dengan tersedianya fasilitas tappingbox, berdampak besar terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), dimana pajak dari sektor restoran dan rumah makan langsung masuk ke kas daerah," jelasnya.

Ia juga memastikan pihaknya siap mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan menyalurkan bantuan pinjaman permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dengan bunga pinjaman yang sepenuhnya ditanggung pemerintah Kabupaten Bangka.

Tercatat lebih dari 400 debitur dari pelaku UMKM di Kabupaten Bangka yang telah menyerap dana pinjaman permodalan tanpa bunga dengan total nilai kontrak mencapai Rp 7 miliar lebih.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Hariyadi sebelumnya mengatakan, fasilitas teknologi tappingbox terpasang di restoran atau rumah makan yang potensial, dengan besaran pajak 10 persen.

"Untuk sementara tappingbox sengaja dipasang sumber pendapatan yang potensial atau yang dianggap ramai pengunjung," kata dia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement