Selasa 16 Aug 2022 00:57 WIB

Tomohon Didorong Jadi Sentra Industri Florikultura

PKT berupaya menghadirkan produk berkualitas yang cocok untuk beragam tanaman.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Ajang Tomohon International Flower Festival.
Foto:

Ke depan, ucap Indah, PKT akan terus mengedukasi dan mengenalkan keunggulan produk pada berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan petani sebagai langkah aktif perusahaan mendorong produktivitas pertanian dalam negeri. Hal ini pun diselaraskan dengan program pendampingan tata kelola pertanian, yang dilaksanakan PKT pada Demonstration Plot (Demplot) komoditas maupun program Makmur untuk memfasilitasi petani beragam kemudahan agri input agar mencapai hasil maksimal.

"PKT akan terus hadir bagi masyarakat dan petani, guna mengoptimalkan sektor pertanian dalam negeri melalui produk berkualitas," kata Indah.

Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk mengapresiasi kontribusi seluruh pihak dalam mensukseskan TIFF 2022 yang dapat menjadi titik balik bagi masyarakat dalam hal pemulihan ekonomi. Caroll menilai ajang  mendorong potensi lokal dari pertanian bunga yang dikembangkan para petani.

"Hal ini mengingat seluruh bunga pada TIFF 2022 merupakan hasil petani Tomohon, sebagai salah satu komoditas unggulan daerah," ujar Caroll.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap kegiatan ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Sulut, khususnya sektor pertanian agar semakin berkembang dan berdampak signifikan terhadap kesejahteraan petani. Menurut dia, peningkatan produktivitas pertanian di Sulut menjadi salah satu perhatian pemerintah ke depan karena kontribusinya terbilang signifikan terhadap perekonomian daerah.

Olly menyampaikan kontribusi sektor pertanian kian meningkat bagi perekonomian Sulut yang selama ini ditopang oleh sektor pariwisata. Okky menyebut komoditas hasil pertanian saat ini turut mendorong laju ekonomi Sulut yang mencapai 5,93 persen pada kuartal II 2022 atau di atas target rata-rata nasional yang sebesar 5,44 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement