Senin 08 Aug 2022 18:53 WIB

Pengepul Sebut Chip Higgs Domino Island Masih Bebas Diperjualbelikan

Higgs Domino Island tidak termasuk dalam daftar 15 permainan yang diblokir Kominfo.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andri Saubani
Dua orang sedang bermain game online Higgs Domino Island. (ilustrasi)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Dua orang sedang bermain game online Higgs Domino Island. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Chip permainan daring Higgs Domino Island masih bebas diperjualbelikan meskipun Kemenkominfo telah memblokir sejumlah permainan yang disebut-sebut mengandung unsur perjudian. Higgs Domino Island memang tidak termasuk dalam daftar 15 permainan yang diblokir Kemenkominfo, sehingga para pemain masih leluasa mempermainkan game tersebut, meskipun juga disebut-sebut sebagai permainan yang mengandung unsur perjudian.

Salah seorang pengepul chip Higgs Domino Island di Karah, Kecamatan Jambangan, Surabaya, DP mengakui masih sering menerima penjualan chip dari para pemain. Untuk 1B (miliar) chip dari pemain, DP biasanya membeli dengan harga Rp 55 ribu. Kemudian dijualnya kembali dengan harga Rp 60 ribu per 1B.

Baca Juga

"Ya masih ada yang menjual chip, tapi nggak sebanyak dulu. Dulu kan pas masih rame-ramenya banyak banget yang jual ataupun beli. Sekarang udah sedikit," ujarnya kepada Republika, Senin (8/8/2022).

DP menyebut, menurunnya penjualan atau pembelian chip Higgs Domino Island bukan lantaran pemerintah memblokir sejumlah permainan yang mirip dengan permainan tersebut. Tetapi memang jumlah pemainnya yang jauh menurun, bahkan sebelum pemerintah mengambil tindakan pemblokiran permainan serupa.

 

"Ya karena memang pemainnya yang udah sedikit. Kalau dulu kan masih rame-rame-nya di warkop-warkop mau itu siang, malam, pagi, ya banyak yang main. Sekarang kan udah jarang," ujarnya.

DP mengaku, untuk saat ini tidak setiap hari dirinya menampung pembelian chip dari para pemain. Bahkan dalam waktu satu pekan pun belum tentu ada yang menjual chip kepadanya.

"Kan itu tergantung mereka menang atau kalah. Kalau nggak ada yang menang, ya seminggu pun belum tentu ada yang jual," kata DP.

DP juga mengaku untuk saat ini yang biasa membeli chip kepadanya hanya orang-orang di sekitarnya yang masih memainkan permainan tersebut. Termasuk yang biasa menjual chip kepadanya juga merupakan orang-orang dekatnya. Tidak ada orang luar Karah yang biasa menjual atau membeli chip darinya.

DP mengungkapkan, untuk membeli chip Higgs Domino Island sangatlah mudah. Karena banyak pengepul yang menjualnya melalui marketplace, meskipun harganya relatif lebih mahal, yakni mencalai 70 ribu per 1B. Pemain bisa juga membeli lewat aplikasi permainannya langsung dan membayarnya menggunakan pulsa.

"Tapi kalau lewat aplikasinya langsung memang lebih mahal. Untuk 30 ribu itu biasanya cuma dapat 200 M (juta) yang bayarnya pakai pulsa atau lewat pembayaran resmi lainnya," ujarnya.

DP mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab menurunnya jumlah pemain yang memainkan permainan daring Higgs Domino Island. Namun, kata dia, sebagian temannya mengaku memilih berhenti karena rawan hacker. DP menceritakan temannya yang sudah mengumpulkan chip mencapai ratusan B namun kemudian akunnya diretas dan hilang.

 

photo
Majelis hakim sebut terpidana berjudi dengan gunakan uang nasabah Jiwasraya. - (Republika)

 

 

 

 

n

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement