Rabu 27 Jul 2022 14:03 WIB

PKL di Jalan Cihideung Tasikmalaya Sepakat Dipindahkan Sementara

Selama pekerjaan penataan trotoar belum selesai, PKL dilarang berjualan di Cihideung.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Petugas Satpol PP berjaga di Jalan Cihideung Kota Tasikmalaya, Rabu (27/7/2022). Para PKL yang biasa berjualan diminta untuk mengosongkan kawasan itu sementara waktu. 
Foto:

Menurut Adang, para PKL telah sepenuhnya sepakat untuk sementara bergeser ke tempat lain setelah diberikan pemahaman. "Ada sempat yang ingin tetap bertahan di Jalan Cihideung. Namun setelah diberi pemahaman, kami menerima untuk geser memang karena ada pekerjaan. Kami harus legowo," ujar dia.

Kepala Satpol PP Kota Tasikmalaya, Iwan Kurniawan, mengatakan, pihaknya diberi arahan untuk memindahkan para PKL dari Jalan Cihideung pada Rabu pagi. Sebab, sebelumnya Satpol PP sudah memberikan sosialisasi agar mereka mengosongkan Jalan Cihideung untuk sementara waktu.

"Karena saat ini sedang dilakukan pekerjaan penataan trotoar. Agar lebih cepat, aman, sehingga PKL diminta tak berada di lokasi tersebut," kata dia.

Ia menyebutkan, para PKL sudah sepakat untuk sementara berjualan ke kawasan Pasar Wetan. Para PKL itu sudah berkomitmen bahwa selama pekerjaan penataan trotoar belum selesai, Jalan Cihideung tak akan digunakan untuk berjualan para PKL.

"Itu berlaku per hari ini. Karena sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi untuk penertiban ini," ujar Iwan.

Ia mengakui, sempat terjadi ketegangan saat proses penertiban lantaran terdapat sebagian PKL yang memaksa tetap berjualan di Jalan Cihideung. Namun petugas tegas melarang agar pekerjaan proyek bisa berjalan optimal dan potensi kejadian yang tak diinginkan bisa dimininalisir. Setelah diberi pemahaman, para PKL akhirnya sepakat pindah.

Menurut Iwan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan para PKL di Pasar Wetan. Ia menilai, para PKL di Pasar Wetan juga menerima kedatangan para PKL dari Jalan Cihideung. "Namun, jumlah PKL dari Jalan Cihideung diminta tak bertambah. Jadi tidak terlalu crowded," kata dia.

Ihwal aktivitas parkir kendaraan, Iwan mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya. Sebab, toko-toko yang berada di Jalan Cihideung masih boleh beroperasi. "Yang penting di sana tertata dengan baik. Petugas kami juga akan terus siaga," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement