Senin 25 Jul 2022 14:55 WIB

KSP: Anjungan Daerah di TMII Disiapkan Jadi Ruang Publik Anak Muda

Presiden meminta agar TMII dikelola sesuai kebutuhan kalangan anak muda.

Ilustrasi. Anjungan daerah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur disiapkan menjadi ruang publik usai kawasan wisata tersebut selesai dipugar.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi. Anjungan daerah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur disiapkan menjadi ruang publik usai kawasan wisata tersebut selesai dipugar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Staf Presiden RI menyatakan anjungan daerah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur disiapkan menjadi ruang publik usai kawasan wisata tersebut selesai dipugar. Kebijakan anjungan daerah sebagai ruang publik bagi anak muda merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Ada perubahan yang signifikan yang disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Contohnya, anjungan disediakan untuk anak-anak muda dan menjadi ruang publik anak sekarang, itu kebijakan besarnya," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Baca Juga

Selain itu, Presiden meminta agar TMII setelah direnovasi tidak lagi dikelola secara konvensional, tetapi lebih menyesuaikan dengan kebutuhan kalangan anak muda.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, meminta para kepala daerah memugar anjungan daerah mereka masing-masing di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Ia memaparkan ada 19 anjungan dengan kerusakan ringan, tetapi struktur bangunannya masih bagus. 

Ada pula anjungan yang rusak sedang. Selain itu, kata dia, ada provinsi yang belum memiliki anjungan di TMII, di antaranya Kalimantan Utara.

Untuk dana renovasi, dia menyebut total biaya yang dibutuhkan hampir Rp 45 miliar-Rp 50 miliar untuk seluruh provinsi. Pendanaan itu dapat menggunakan anggaran pemerintah daerah, baik yang bersumber dari APBD ataupun CSR di daerahnya masing-masing.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno berharap, para kepala daerah segera berpartisipasi untuk melakukan upaya perbaikan atau renovasi itu. Pemerintah merencanakan pada akhir Agustus 2022 akan menggelar kegiatan di TMII berupa prapeluncuran yang berkaitan dengan kegiatan G20.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement