Jumat 22 Jul 2022 06:15 WIB

WALHI NTT: Konservasi TN Komodo Perlu Pertimbangkan Kearifan Lokal

Terdapat tiga komponen cagar biosfer yang harus dipertimbangkan.

 Foto tak bertanggal yang disediakan oleh peneliti Bryan Fry ini menunjukkan seekor komodo di Taman Nasional Komodo di Indonesia. (ilustrasi)
Foto: AP/Bryan Fry
Foto tak bertanggal yang disediakan oleh peneliti Bryan Fry ini menunjukkan seekor komodo di Taman Nasional Komodo di Indonesia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nusa Tenggara Timur, Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi, mengatakan komponen cagar biosfer perlu menjadi pertimbangan dalam upaya melakukan konservasi di Taman Nasional Komodo. Tentu saja dengan mempertimbangkan elemen-elemen konservasi berbasis kearifan lokal.

Umbu mengatakan terdapat tiga komponen cagar biosfer yang harus dipertimbangkan. Yaitu perlindungan terhadap keanekaragaman hayati, peningkatan kesejahteraan masyarakat berdasarkan ekonomi ramah lingkungan dan pemulihan kebudayaan setempat. 

Baca Juga

Untuk melakukan konservasi di Taman Nasional Komodo dia mendorong pemerintah untuk mempertimbangkan elemen-elemen konservasi yang berbasis kearifan lokal setempat dan berbasis sains."Kalau kita bicara konservasi seharusnya aspek kearifan lokal, akademik, harusnya ada di NTT," tuturnya.

Dia juga mendorong pelibatan masyarakat lokal yang telah lama hidup berdampingan dengan hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia itu. Selain itu, menghadapi ancaman yang disebabkan perubahan iklim perlu dipastikan diambil langkah yang menjaga ruang ekosistem untuk komodo. 

"Perlu juga memperkuat sistem infrastruktur dalam konteks perlindungan ekosistem komodo yang melibatkan teknologi dan masyarakat setempat, terutama masyarakat lokal di Taman Nasional Komodo," katanya.

Dia juga meminta agar fokus diberikan untuk adanya konversasi yang premium, tidak hanya berfokus kepada pariwisata premium. Sebelumnya, pemerintah menetapkan tarif masuk ke Taman Nasional Pulau Komodo menjadi Rp 3,75 juta per orang mulai 1 Agustus 2022.

Di sela-sela kunjungan kerja di Pulau Rinca, NTT, Kamis, Presiden Joko Widodo mengatakan salah satu pertimbangkan kenaikan harga tiket masuk itu adalah adanya rencana konservasi di Pulau Komodo. "Jadi kami ingin konservasi, tapi kami juga ingin ekonomi lewat turisme, lewat wisatawan. Ini harus seimbang," kata Presiden.

Menanggap berbagai respons terkait hal itu, Presiden mengatakan masyarakat tetap dapat melihat komodo di Pulau Rinca dengan tarif lebih murah. Bagi yang ingin melihat di Pulau Komodo tetap dapat dilakukan dengan tarif berbeda. "Itu sebenarnya simple seperti itu. Jangan dibawa kemana-mana, karena pegiat-pegiat lingkungan, pegiat-pegiat konservasi juga harus kita hargai mereka masukan mereka," ujar Presiden.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement