Selasa 02 Apr 2024 23:45 WIB

Tim SAR Gabungan Evakuasi Seorang Warga yang Digigit Komodo

Romansyah (39) terkena gigitan komodo saat mencari madu di lokasi kejadian.

Komodo di Taman Nasional Pulau Komodo (ilustrasi)
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Komodo di Taman Nasional Pulau Komodo (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Labuan Bajo -- Tim SAR Gabungan mengevakuasi seorang warga Pulau Komodo Desa Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang digigit komodo.

"Korban terkena gigitan hewan Komodo di sekitar daerah Loh Ginggo Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK)," kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan yang diterima di Labuhan Bajo, Selasa.

Baca Juga

Ia menjelaskan, korban bernama Romansyah (39) terkena gigitan hewan Komodo saat mencari madu di lokasi kejadian.

Tim SAR Gabungan, lanjut dia, menerima informasi kejadian tersebut dari staf Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Manggarai Barat. 

"Kami kerahkan Tim SAR Gabungan menuju lokasi kejadian guna melakukan operasi SAR dengan menggunakan RIB (Rigit Inflatable Boat) Pos SAR Manggarai Barat yang dilengkapi dengan emergency kit dan tandu," katanya.

Tim SAR Gabungan yang tiba di lokasi kejadian segera mengevakuasi korban yang telah berada di sekoci milik Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) ke RIB Pos SAR Manggarai Barat dan membawa korban ke Labuan Bajo.

"Kondisi korban dalam keadaan lemas serta terdapat luka akibat gigitan Komodo di bagian lengan tangan dan kaki korban," katanya.

Setelah tiba di Pelabuhan Marina Labuan Bajo, kata dia, korban langsung dievakuasi menggunakan ambulans ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement