Kamis 21 Jul 2022 17:13 WIB

Jokowi Targetkan Satu Juta Wisatawan Kunjungi Labuan Bajo

Presiden Jokowi menargetkan satu juta wisatawan untuk mengunjungi Labuan Bajo, NTB.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (21/7/2022) pukul 09.52 WITA. Presiden Jokowi menargetkan satu juta wisatawan untuk mengunjungi Labuan Bajo, NTB.
Foto: @setkabgoid
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (21/7/2022) pukul 09.52 WITA. Presiden Jokowi menargetkan satu juta wisatawan untuk mengunjungi Labuan Bajo, NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan, minimal satu juta wisatawan yang akan mengunjungi kawasan wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Jokowi mengatakan, pemerintah pun telah melakukan penataan dan meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan seiring dengan peningkatan jumlah wisatawan ke Labuan Bajo.

“Untuk target pertama, Labuan Bajo ini harus minimal satu juta (wisatawan). Karena memang airportnya, kapasitasnya seperti itu. Tapi kalau nanti runway-nya sudah diperpanjang, (pesawat) widebody bisa masuk, naik lagi (jumlah wisatawan) ke 1,5 juta,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga

Jokowi menjelaskan, penataan di kawasan Labuan Bajo ini telah dilakukan selama dua tahun terakhir dan menghabiskan anggaran yang tak sedikit. Pemerintah, kata Jokowi, telah melakukan penataan baik di Pulau Rinca, pelabuhan, dan juga infrastruktur jalan yang diperlebar.

Selain itu, pemerintah juga memperpanjang runway dan juga memperluas terminal di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. “Saya kira semuanya itu harus dihitung dan harus ada returnnya,” kata dia.

 

Jokowi menyebut telah memerintahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk melakukan penataan fasilitas wisata di kawasan Labuan Bajo bersama dengan pemerintah daerah setempat.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar keramahan terhadap wisatawan serta kebersihan daerah wisata harus terus dijaga. “Ini yang harus dikerjakan oleh Kementerian Pariwisata, oleh provinsi, gubernur, bupati semuanya harus bersama-sama. Jangan sampai sampah bertebaran di mana-mana,” kata Jokowi.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Jokowi juga meresmikan perluasan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat. Jokowi menilai keindahan pariwisata Labuan Bajo mampu bersaing dan menarik wisatawan, sehingga diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat sekitar.

“Labuan Bajo ini komplet, budaya ada, pemandangan sangat bagus, pantainya cantik, dan di dunia yang enggak ada, enggak ada di tempat lain itu ada yaitu komodo yang ada di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Kekuatan inilah yang harus kita pakai untuk mensejahterakan rakyat kita di sini,” ujar Jokowi.

Karena itu, ia menegaskan pentingnya melakukan peningkatan fasilitas yang ada di wilayah Labuan Bajo, seperti perpanjangan landasan pacu (runway) dan perluasan terminal penumpang di Bandara Komodo.

Ia mengatakan, perluasan tersebut harus terus dilakukan seiring dengan jumlah wisatawan yang terus meningkat. “Fasilitas yang kurang terus akan kita perbaiki. Ini Bandara Komodo, terminal sudah diperlebar, masih kurang? Ya diperlebar lagi, kalau nanti makin penuh, makin penuh ya harus diperluas lagi,” ujar dia.

Saat ini, landasan pacu Bandara Komodo memiliki panjang 2.650 meter. Namun, Jokowi meminta agar landasan pacu dapat diperpanjang lagi sehingga pesawat-pesawat dengan penerbangan langsung dari mancanegara bisa mendarat di Labuan Bajo.

“Tadi Menteri Perhubungan menyampaikan runway-nya masih kurang, kalau ditambah 100 meter sudah wide body bisa masuk, ya tambah. Kalau enggak bisa tahun ini maksimal tahun depan harus selesai, sehingga pesawat-pesawat dengan penerbangan langsung dari mancanegara bisa langsung turun di Labuan Bajo,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga berharap dengan terus dilakukannya pengembangan fasilitas, maka pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Labuan Bajo dapat terus meningkat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement