Selasa 19 Jul 2022 22:35 WIB

Menhan Turki: Proses Mendapatkan F-16 dari AS Terus Berlanjut

Turki mengharapkan akal sehat menang dalam penjualan jet tempur

Proses Turki untuk memperoleh jet tempur F-16 dari AS terus berlanjut meskipun ada undang-undang DPR AS terbaru yang menghalangi penjualan
Proses Turki untuk memperoleh jet tempur F-16 dari AS terus berlanjut meskipun ada undang-undang DPR AS terbaru yang menghalangi penjualan

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Proses Turki untuk memperoleh jet tempur F-16 dari AS terus berlanjut meskipun ada undang-undang DPR AS terbaru yang menghalangi penjualan, kata Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar.

"Pejabat militer menyadari hal ini, mereka tahu tentang pekerjaan kami, dan kami secara terbuka mengungkapkan pandangan kami di semua pertemuan kami. Turki adalah negara yang kuat. Seharusnya tidak ada kondisi seperti 'Saya akan memberi Anda ini, tetapi Anda tidak akan melakukan ini, itu'. Kami melanjutkan negosiasi kami dengan parameter logis dalam pembicaraan antara delegasi militer.

"Prosesnya berlanjut. Kami akan melanjutkan pekerjaan kami dalam hal militer, politik dan diplomatik. Harapan kami adalah akal sehat menang dan solusi yang masuk akal dan logis muncul," kata Akar kepada wartawan pada Senin setelah pertemuan Kabinet di ibu kota Ankara.

Dewan Perwakilan Rakyat AS pada Kamis menyetujui undang-undang yang berupaya menghalangi rencana Presiden AS Joe Biden untuk menjual jet tempur F-16 ke Turki.

Amandemen yang diajukan oleh anggota parlemen New Jersey Frank Pallone melewati 244-179 dengan dukungan Demokrat yang kuat dan 60 suara persetujuan datang dari Partai Republik.

Keputusan itu melarang penjualan atau transfer F-16 dan peralatan modernisasi ke Ankara kecuali jika presiden menyatakan transfer tersebut untuk kepentingan nasional AS dan menjamin kepada Kongres bahwa dalam 120 hari sebelum transfer, pemerintah Turki tidak "melanggar kedaulatan Yunani, termasuk melalui penerbangan teritorial."

“Para pejabat AS menyatakan bahwa Turki adalah sekutu penting dalam pembicaraan, dan pejabat NATO menyatakan keberhasilan Turki dalam memerangi teroris dan imigrasi. Bagaimana Anda menjelaskan situasi ini? Seorang deputi, dan sebuah kelompok keluar dan mereka bermain-main dengan beberapa manipulasi dan disinformasi. Kami berharap AS tidak jatuh ke dalam jebakan ini," kata Akar.

Tentang Yunani, Akar mengatakan Yunani sedang mencoba untuk mempengaruhi kesepakatan yang dicapai antara delegasi militer Turki dan AS mengenai pasokan dan modernisasi F-16.

Ankara dan Athena telah tegang atas masalah mulai dari penerbangan dan status pulau Aegea hingga batas laut, sumber daya hidrokarbon di Mediterania dan pulau Siprus.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/menhan-turki-proses-mendapatkan-f-16-dari-as-terus-berlanjut/2640081
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement