Senin 18 Jul 2022 10:17 WIB

Survei AHY-Anies Teratas, Elite Demokrat: Kami Mengikuti Saja

Pasangan Anies dan AHY menempati posisi yang teratas dengan 34,72 persen.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berfoto bersama Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan.
Foto: @SeputarAHY
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berfoto bersama Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) teratas dalam simulasi empat poros berdasarkan survei Indopol. Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, mengatakan, Partai Demokrat mengikuti berbagai simulasi pasangan calon yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

"Kami mengikuti semua, sekarang kan modelnya simulasi-simulasi. Anies-AHY, Ganjar-Puan, Prabowo-Puan, Anies-Airlangga, Prabowo-Cak Imin atau di balik AHY-Anies kan itu bisa, macam-macam lagi, kami mengikuti saja sementara ini," kata Andi di Jakarta, Ahad (17/7).

Namun demikian, Andi mengatakan, bagi Demokrat masih terlalu jauh saat ini bicara soal nama pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Dia memprediksi, awal tahun 2023 mendatang sudah lebih jelas terkait siapa saja yang akan maju menjadi pasangan capres-cawapres 2024.

"Kita lihat perkembangannya nanti bagaimana kan sampai sekarang kami belum tanggapi. Kan bikin itu surveyor kami mengikuti aja," ucapnya.

Sebelumnya, Indopol Survei dan Consulting melakukan simulasi terhadap pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berdasarkan empat poros koalisi. Poros pertama adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sendiri, dengan pasangan calon Puan Maharani-Erick Thohir.

Poros kedua, koalisi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Prabowo Subianto-Abdul Muhaimin Iskandar. Ketiga, koalisi Partai Nasdem-Partai Keadilan Sejahtera (PKS)-Partai Demokrat dengan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Poros terakhir, Koalisi Indonesia Bersatu, yakni Partai Golkar-Partai Amanat Nasional (PAN)-Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto.

"Maka, ini pasangan Anies dan AHY menempati posisi teratas dengan 34,72 persen," kata Direktur Eksekutif Indopol Survei dan Consulting, Ratno Sulistiyanto dalam rilis daringnya, Jumat (15/7). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement