Senin 11 Jul 2022 20:38 WIB

Pembuang Limbah di Sungai Cileungsi Bakal Diintai Lewat CCTV

DLH Kabupaten Bogor sedang menghitung kebutuhan jumlah kebutuhan CCTV.

Ilustrasi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan mengintai para pembuang limbah di Sungai Cileungsi melalui kamera pengintai atau CCTV.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan mengintai para pembuang limbah di Sungai Cileungsi melalui kamera pengintai atau CCTV.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan mengintai para pembuang limbah di Sungai Cileungsi melalui kamera pengintai atau CCTV. DLH Bogor bersama Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) sedang menghitung kebutuhan jumlah kebutuhan CCTV.

"Fungsinya adalah ketika terjadi pencemaran, kami minimal bisa identifikasi titik awalnya dimana sih. Itu yang selama ini kami susah (lakukan)," kata Kepala DLH Kabupaten Bogor, Ade Yana Mulyana di Cibinong, Bogor, Senin (11/7/2022).

Baca Juga

Pengadaan CCTV itu akan tetap menyesuaikan dengan anggaran yang disiapkan untuk pengadaan. "Misalnya tahun ini kuatnya (beli) lima, tahun depan ditambah lima, di beda titik sepanjang jalur itu," terang Ade Yana.

Ade Yana berharap, masyarakat juga bisa mengawasi pencemaran yang terjadi. CCTV tersebut akan diintegrasikan menggunakan aplikasi perangkat ponsel.

"Bukan hanya dinas. Kami juga nggak bisa mantengin HP 24 jam. Kita fokusnya di pengadaan sarana fisiknya dulu. Kalau sarana fisik udah ada, kita kembangkan software versi android," ujarnya.

Sebelumnya, Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) memasang tujuh unit kamera pengintai atau CCTV di aliran Sungai Cileungsi dan Cikeas yang berlokasi di Kabupaten Bogor dan Bekasi, Jawa Barat, untuk mendeteksi secara dini kejadian banjir. "Petugas pemantau di hulu-hulu sungai untuk mengetahui tinggi muka air di hulu. Manfaatnya, enam jam sebelum banjir, masyarakat sudah bisa mendapat informasi dari KP2C yang itu dilakukan setiap hari," kata Ketua KP2C, Puarman usai audiensi dengan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Rabu (6/7/2022).

Menurutnya, pembiayaan mengenai pemasangan CCTV tersebut dilakukan secara mandiri dari donasi anggota KP2C.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement