Sabtu 09 Jul 2022 14:12 WIB

Pejabat Pemkot Ternate Tunaikan Sholat Idul Adha pada Sabtu

Masjid Agung Al-Munawwar Ternate menyembelih 17 sapi dan lima kambing kurban.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Umat Islam mendengarkan khotbah saat melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H di Jalan Raya Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2022).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Umat Islam mendengarkan khotbah saat melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H di Jalan Raya Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Sebagian warga Muslim di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, telah melaksanakan sholat Idul Adha 1443 Hijriyah pada Sabtu (9/7/2022). Sekretaris Kota Ternate Jusuf Sunya bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melaksanakan sholat Id di Masjid Agung Al-Munawwar bersama warga Muslim yang lain pada Sabtu.

Pelaksanaan sholat Id di masjid itu dipimpin oleh Muhammad Abdul Kholiqh bin Guntur Nagara Tariq dari Pondok Pesantren Sasa dan khatib Hidayatussalam Sehan. "Masyarakat Kota Ternate diberikan pilihan dan menentukan pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 Hijriah pada 9 Juli atau 10 Juli 2022 sesuai keputusan pemerintah pusat," kata Jusuf saat ditemui usai sholat.

"Pemerintah tidak melarang saudara-saudara umat Muslim dan organisasi keagamaan lain akan menjalankan ibadah hari ini maupun besok," kata pengurus Muhammadiyah Ternate tersebut. Dia mengemukakan, substansi dari peringatan Idul Adha adalah meneladani kepatuhan Nabi Ibrahim AS dan kesalehan Nabi Ismail AS.

Sementara itu, pengurus Masjid Agung Al-Munawwar Ternate Abdullah Kahar mengatakan, panitia akan menyembelih 17 sapi dan lima kambing kurban yang diserahkan ke pengurus masjid serta membagikan dagingnya kepada warga.

Baca: Yenny Wahid Beberkan Komunis dan LGBT Paling tak Disuka di Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement