Sabtu 09 Jul 2022 13:52 WIB

Ribuan Muslim di Privinsi Bengkulu Sholat Id di 82 Masjid

Syaifullah meminta kepada seluruh jamaah untuk saling menghormati sesama umat Islam.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Umat Islam melaksanakan sholat Idul Adha 1443 Hijriah di lapangan Stadion Sanaman Mantikei, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (9/7/2022).
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Umat Islam melaksanakan sholat Idul Adha 1443 Hijriah di lapangan Stadion Sanaman Mantikei, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (9/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Ribuan Muslimin di Provinsi Bengkulu melaksanakan sholat Idul Adha di 82 masjid, yang salah satunya di Masjid At Tanwir yang berada di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Kota Bengkulu, Sabtu (9/7/2022). Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Bengkulu, Syaifullah mengatakan, ada 82 titik di Provinsi Bengkulu melaksanakan sholat Id hari ini.

"Terkait perbedaan pelaksanaan sholat Idul Adha, kami tidak mempermasalahkan hal tersebut," kata Syaifullah di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Sabtu. Menurut dia, perbedaan tidak harus dibesar-besarkan antara Muhammadiyah dan pemerintah, yang pasti negara harus dijaga.

Baca: Prof Abdul Mu'ti Ungkap Jasa Besar Tjahjo Kumolo Bagi Muhammadiyah

Selain itu, Syaifullah meminta kepada seluruh jamaah untuk saling menghormati antarsesama umat Islam meskipun ada perbedaan penetapan 10 Zulhijah 1443 Hijriyah. Muhammadiyah Bengkulu melaksanakan pemotongan hewan kurban dengan dua cara, yaitu melakukan pemotongan langsung di masjid, serta sesuai arahan pemerintah pusat melakukan pemotongan di rumah potong hewan.

"Pelaksanaan pemotongan juga dilakukan dua hari yaitu hari ini dan ada beberapa jamaah yang melakukan pemotongan besok hari," ujar Syaifullah. Pada perayaan Idul Adha tahun ini, ada ratusan hewan kurban jenis sapi dari jamaah Muhammadiyah di Provinsi Bengkulu yang akan dipotong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement