Jumat 17 Jun 2022 14:27 WIB

Stasiun Sudimara Tangsel Segera Direvitalisasi

Akses jalan di Stasiun Sudimara akan diperbarui untuk menekan kemacetan

Rep: Eva Rianti / Red: Nur Aini
Stasiun KRL, ilustrasi. Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan melakukan revitalisasi Stasiun Sudimara yang berlokasi di Jalan Jombang Raya, Ciputat, Tangsel.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Stasiun KRL, ilustrasi. Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan melakukan revitalisasi Stasiun Sudimara yang berlokasi di Jalan Jombang Raya, Ciputat, Tangsel.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan melakukan revitalisasi Stasiun Sudimara yang berlokasi di Jalan Jombang Raya, Ciputat, Tangsel. Upaya revitalisasi itu di antaranya dengan meningkatkan kualitas aksesibilitas yang ada di sekitar stasiun.

“Saya sudah diskusikan dengan Pak Dirjen (Kementerian Perhubungan) dan pihak kereta apinya (PT KAI) untuk meningkatkan (kualitas) stasiun juga aksesibilitasnya, terutama Stasiun Sudimara,” tutur Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga

Benyamin menuturkan, upaya yang akan dilakukan untuk melakukan penataan Stasiun Sudimara meliputi peningkatan berbagai fasilitas yang ada di sekitarnya. Hal itu seperti akses jalan yang dinilai perlu diperbaharui untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat serta menekan kemacetan dan pasar di dekatnya, yakni Pasar Jombang dan hunian yang strategis di sekitar stasiun.

“Di situ kan pasarnya lagi kita revitalisasi nih, kemudian saya ngobrol dengan Pak Dirjen supaya ke Menteri PU (Pekerjaan Umum) agar jalannya di flyover supaya tidak belok-belok gitu, menyebabkan kemacetan. Sementara dari kereta api, selain park and ride di situ kan tanahnya agak luas, kalau di sana itu bisa dibikin perhotelan atau serba guna lainnya,” ujarnya.

 

Benyamin memastikan terus berkoordinasi dengan pihak kementerian terkait dalam realisasi revitalisasi tersebut. “Pak Menteri (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) sih menyambut baik gagasan itu, dan dalam perencanaan ke depan akan dibahas di tingkat kementerian,” kata dia.

Kota Tangsel diketahui memiliki sebanyak lima stasiun yang dilintasi kereta yakni Stasiun Pondok Ranji, Jurangmangu, Sudimara, Rawabuntu, dan Serpong. Kondisi stasiun-stasiun tersebut dinilai masih butuh peningkatan infrastruktur dan aksesibilitas serta konsep integrasi yang dapat menciptakan kenyamanan bagi pengguna transportasi publik. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement