Selasa 14 Jun 2022 20:38 WIB

Reshuffle Jadi Strategi Jokowi Mengamankan Kebijakannya Hingga 2024

Masuknya Zulkifli Hasan akan mengamankan kebijakan presiden di parlemen.

Presiden Joko Widodo disebut-sebut akan segera melakukan pergantian menteri dalam jajarannya atau reshuffle kabinet.
Foto:

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan termasuk salah satu nama yang dipanggil ke Istana Kepresidenan sore tadi. Pemanggilan Zulkifli Hasan ke Istana diungkapkan politikus PAN Yandri Susanto saat dikonfirmasi.

"Betul (dipanggil), sekarang sedang di Istana," kata Yandri.

Belum diketahui terkait dengan ada tidaknya politikus PAN lain yang turut dipanggil Presiden ke Istana pada hari ini. Namun, di luar politikus PAN, Presiden sebelumnya juga memanggil mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Presiden turut memanggil sejumlah menteri kabinet ke Istana, antara lain, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Sofyan Djalil yang dicegat sejumlah wartawan tidak berbicara banyak saat dimintai komentar dan ditanya mengenai agenda apa kedatangannya ke Istana. "Nggak tahu. Agenda Ibu Kota, kali. Agenda PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap), kali," ujarnya kepada wartawan.

Ketika ditanya apakah pemanggilannya terkait dengan isu perombakan kabinet, Sofyan juga tidak memberi jawaban secara tegas. "Nggak tahu, tunggu saja nanti. Tanya Pak Presiden. Nggak, ada rapat saja, kali," kata Sofyan.

Mereka yang dipanggil tampak tiba sekitar pukul 17.00 di Istana Kepresidenan Jakarta. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto saat tiba menyampaikan dirinya mendapatkan panggilan secara mendadak untuk datang ke Istana. "Baru saja makanya saya ngebut," kata Hadi.

Namun ia mengakui belum mengetahui apa yang akan dibahas dalam pertemuan ini. "Wah nggak tahu siapa ya, saya hanya dipanggil nggak tahu apa itu. Wah belum mikir ke sanalah ya (Reshuffle). Nggak ada ini baru olahraga langsung lari saya," kata dia.

Tak lama berselang, Mendag Lutfi kemudian keluar dari Istana pada pukul 17.42. Kepada wartawan, ia hanya menjawab singkat pertanyaan wartawan.

"Apaan?" kata Lutfi, dengan muka merah menyala tanpa senyuman sedikitpun.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kunjungan kerjanya ke Bangka Belitung menjawab pertanyaan wartawan terkait reshuffle. Wapres mengatakan, pergantian kabinet sepenuhnya menjadi kewenangan Presiden Joko Widodo.

"Oh itu tunggu saja Presiden itu, itu urusannya Presiden nanti," ujar Wapres.

Wapres menegaskan Presiden Jokowi yang akan mengumumkan sendiri kepastian reshuffle tersebut. Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada pergantian kabinet tersebut.

"Saya kira apa akan ada atau tidak nanti Presiden yang akan menjelaskan itu. Kan (sekarang) belum ada, belum ada," kata dia.

photo
Tujuh Menteri dengan Tingkat Kepuasan Publik Tertinggi - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement