Kamis 09 Jun 2022 20:30 WIB

Penemuan Jenazah Eril Jadi Trending Topic, Warganet Berduka

Jenazah Eril ditemukan di bendungan Engelhalde, Bern.

Emmeril Kahn umtadz
Foto: Dok.keluarga
Emmeril Kahn umtadz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz akhirnya ditemukan setelah dua pekan pencarian. Jasad Eril, sapaan akrab Emmeril, ditemukan di Bendungan Engelhalde, Bern pada Rabu (8/6/2022).

Penemuan Eril langsung menjadi topik pembicaraan utama di Twitter. Para netizen menyatakan berduka atas kepergian Eril.  "Innalillahi wa innailaihi roji'un.. bahagia di Surganya Allah a Eril😭🤲✨," tulis seorang netizen.

Baca Juga

Seorang warganet lainnya menuliskan, "Akhirnya, penantian warga Indonesia akhirnya berakhir. Semoga Almarhum Eril dapat beristirahat dengan tenang dan diterima di sisinya. Dan semoga Keluarga Bapak Ridwan Kamil selalu diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan ini.

"gue nangis bgt akhirnya Eril di temukan😢," tulis pengguna lainnya.   

 

Dubes Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad Muliaman Hadad mengatakan, pada Rabu, (8/6/2022) Polisi Bern menemukan jasad yang diduga Eril pada 6.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB.  "Sesuai prosedur yang  berlaku,  forensik melakukan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan memang ananda Eril," ujar  Dubes Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad Muliaman Hadad dalam Konferensi Pers secara Virtual, Kamis malam (9/6/2022).

Muliaman menjelaskan, pada Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, hasil tes DNA akhirnya keluar. "Hasilnya, jasad yang ditemukan kemarin memang Eril. Ini sudah disampaikan melalui kepolisian Bern secara resmi," paparnya.

Sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, kata dia, maka diberikan berbagai berkas ke Kantor Hukum Bern untuk serah terima jenazah. Pihaknya, kata dia, sudah memberikan kewenangan pada keluarga untuk menerima jenazah Eril. Bahkan, hak-hak Eril sudah terpenuhi sesua syariat islam.

"Proses pengurusan jenazah Eril akan kami bantu hingga sampai ke Indonesia dan agar bisa berjalan dengan lancar. Kemenlu akan memfasilitasi kedatangan rombongan keluarga dan jenazah di bandara nanti," paparnya.

Sebelumnya, seperti dilansir laman police.be.ch, petugas menemukan jasad pria di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss.  Dari hasil pemeriksaan forensik yang dilakukan diketahui bahwa jenazah tersebut merupakan WNI yang hilang di Sungai Aaare, sejak 26 Mei 2022.  Korban yang berusia 22 tahun itu pergi berenang di sungai, namun hanyut terbawa derasnya arus.

Ridwan Kamil telah mengajukan cuti tambahan selama 11 hari untuk bertolak ke Swiss. Pengajuan cuti sudah diterima oleh Kementerian Dalam Negeri dengan alasan kedukaan keluarga.

"Kami ingin sampaikan update informasi yang pertama terkait dengan izin gubernur pemerintah provinsi Jawa barat sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin keluar negeri dengan alasan penting. Dan Alhamdulillah itu sudah mendapatkan persetujuan dari kementerian dalam negeri mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022," ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya kepada wartawan di Gedung Pakuan, Kamis (9/6/2022).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement