Selasa 07 Jun 2022 00:07 WIB

Para Elite Politik Sampaikan Ucapan Duka Cita untuk Kang Emil

Ucapan duka cita & doa untuk Emmeril Khan Mumtadz terus mengalir dari berbagai pihak

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menyapa wartawan usai memimpin rapat pimpinan di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/6). Setelah masa berduka dan pulang ke Indonesia usai memantau proses pencarian putra sulungnya, Emil kembali bekerja melaksanakan tugasnya seperti biasa.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menyapa wartawan usai memimpin rapat pimpinan di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/6). Setelah masa berduka dan pulang ke Indonesia usai memantau proses pencarian putra sulungnya, Emil kembali bekerja melaksanakan tugasnya seperti biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ucapan duka cita dan doa untuk Emmeril Khan Mumtadz terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat. Termasuk di antaranya para elite politik, yang turut menyampaikan doa untuk putra dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, itu.

"Innalilahi wa innailahi rajiun. Sebagai orang tua, saya tidak dapat membayangkan betapa berat perasaan dan beban yang harus dipikul Bapak Ridwan Kamil dan Ibu Atalia menghadapi peristiwa ini," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun instagram pribadinya, @jokowi, dikutip Senin (6/6/2022).

Baca Juga

Eril, sapaan akrab Emmeril dikabarkan terseret arus di Sungai Aare, Swiss, pada Kamis 26 Mei lalu. Setelah proses pencarian yang dilakukan selama tujuh hari, keluarga memutuskan untuk mengikhlaskan kepergiannya.

Dalam unggahannya juga Jokowi menyebutkan, ketabahan dan ketegaran yang ditunjukkan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, dan istrinya, Atalia Pratatya, dalam menghadapi musibah dapat menjadi teladan bagi semua orang.

"Sekali lagi saya menyampaikan turut berbelasungkawa. Semoga semua keluarga yang ditinggalakan diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini. Semuanya milik Allah SWT dan hanya kepada-Nya kita akan kembali," kata Jokowi.

Kemudian, Wakil Presiden, Ma'ruf Amin juga turut menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam teruntuk Kang Emil. Ucapan tersebut disampaikan melalui panggilan video di Ruang Tunggu VVIP Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

"Saya ikut menyampaikan duka cita kepada Ananda Eril, Emeril Khan Mumtadz, mudah-mudahan diterima di sisi Allah SWT dan keluarga diberi kesabaran, ketabahan," tutur Ma'ruf.

Selain dari Jokowi dan Ma'ruf Amin, sejumlah jajaran Kabinet Indonesia Maju juga turut menyampaikan duka cita mendalam kepada Kang Emil. Satu di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Dia menyampaikan doa untuk almarhum agar diberikan jalan yang lapang dalam menghadap Allah SWT.

"Insya Allah Eril dipanggil menghadap Allah dalam usia yang sangat muda karena kebaikannya. Hal itu dipersaksikan oleh keluarga, sahabat bahkan masyarakat luas, mereka mengenal Eril sebagai pribadi yang sangat baik," kata Muhadjir.

Selain dari jajaran menteri, tokoh dan pejabat lembaga negara juga turut berduka atas kepulangan Eril. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menyatakan turut merasakan kepedihan yang saat ini dirasakan oleh Ridwan Kamil dan keluarga.

"Sahabatku Kang Ridwan Kamil. Saya dapat merasakan kepedihan yang sangat. Tak ada ujian yang lebih berat daripada orang tua yang harus kehilangan anaknya. Saya mendoakan agar kang Ridwan Kamil beserta keluarga diberi ketabahan dan kekuatan. Amiin," kata Bambang.

Sementara itu, ucapan duka cita juga datang dari sejumlah elit partai seperti Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua DPP Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan, keluarganya serta keluarga besar Partai Gerindra mengucapkan duka yang mendalam kepada Ridwan Kamil dan keluarga.

"Semoga keluarga Pak Ridwan Kamil dapat diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan yang sangat berat ini. Semoga ikhlas, dan kami doakan semoga Pak Ridwan Kamil beserta keluarga dapat pulih seperti sedia kala," Kata Dasco.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno. Eddy mengaku, sebagai orang tua dirinya turut merasakan pedihnya kehilangan seorang anak. Dia berdoa agar Allah SWT menerima semua amal kebaikan dan mengampuni segala kesalahan almarhum dan diterima di surga sebagai syahid akhirat.

"Dan kepada kedua orang tuanya. Kang Emil, Teh Lia diberikan ketabahan, diberikan kesabaran dalam melalui masa-masa sulit ini. Doa kami sekeluarga bersama kang Ridwan Kamil dan Teh Lia,” kata Eddy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement