Selasa 31 May 2022 06:13 WIB

Polda Metro Selidiki Video Konvoi Bagikan Selebaran Khilafah di Jaktim

Video seperti sengaja dibuat merekam konvoi yang mengibarkan bendera khilafah.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan.
Foto: Dok Humas Polda Metro Jaya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya melakukan pendalaman terkait beredarnya video viral sejumlah pengendara motor yang mengibarkan bendera khilafah di Jakarta Timur (Jaktim) pada Ahad (29/5/2022). Pengendara itu berkeliling jalan raya sembari membagikan selebaran kepada warga.

"Polda Metro Jaya tentunya akan mendalami video tersebut karena kami sudah mendapat data itu terjadi di daerah Jakarta Timur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Baca: Mahfud Cerita Sunan Kalijogo Islamkan Pulau Jawa Pakai Metode Pertunjukan Wayang

Zulpan menjelaskan, dari hasil pendalaman itu pihaknya juga melakukan pemanggilan terhadap para pengendara yang nampak dalam video tersebut untuk dimintai keterangan terkait maksud dan tujuannya. "Kami akan mencari data dulu terhadap pengendara yang nampak dalam video tersebut, tentunya kami juga akan memanggil mereka," ujar Zulpan.

Rombongan pengendara sepeda motor yang viral di media sosial karena membawa atribut khilafah diketahui sempat membagikan selebaran saat melintas di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jaktim. Rekaman video seperti dibuat secara sengaja lantaran sangat jelas menunjukkan aktivitas mereka yang berkeliling Jakarta hingga tersebar di dunia maya.

Salah satu petugas keamanan toko baju di Jalan Raya Bogor, Sholeh mengaku, melihat rombongan pengendara sepeda motor yang membawa poster dan bendera Khilafatul Muslimin itu melintas sambil membagikan selebaran. "Rombongan tersebut berhenti dan membagikan selebaran khilafah, kurang lebih lima menit sambil menunggu rekan-rekannya," kata Sholeh di Jakarta, Senin.

Meski begitu, Sholeh mengaku tidak mengetahui tujuan pengendara sepeda motor itu membagikan selebaran serta alasan mereka melakukan konvoi sambil membawa berbagai atribut hingga poster bertuliskan 'Khilafatul Muslimin Wilayah Jakarta Raya, Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah'. Usai membagikan selebaran, warga melihat rombongan konvoi melanjutkan perjalanannya ke arah Bogor.

"Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bogor, Jawa Barat," ujar Fachrizal, salah satu pedagang yang sempat melihat saat rombongan membagikan selebaran.

Baca: Jokowi Bertemu Elon Musk yang Pakai Kaus di Kantor Space X

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement