Selasa 31 May 2022 05:53 WIB

Dewan Berharap Kepulauan Seribu Jadi Lokasi Wisata Terumbu Karang

Dinas KPKP DKI melakukan transplantasi terumbu karang mulai 2023.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Tanaman bakau muda tumbuh di dekat permukiman Pulau Sabira, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta,  Ahad (20/6/2021).
Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Tanaman bakau muda tumbuh di dekat permukiman Pulau Sabira, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Ahad (20/6/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi B DPRD DKI Jakarta berharap Kabupaten Kepulauan Seribu dapat berbenah untuk meningkatkan daya tarik wisatawan menjadi lokasi wisata berwawasan lingkungan melalui transplantasi terumbu karang. Pengembangan terumbu karang dilakukan di beberapa pulau di Kepulauan Seribu.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail menyatakan, persetujuannya dengan program kerja Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI untuk melakukan pembenahan terhadap ekosistem laut di Kepulauan Seribu dalam rencana kerja tahun 2023. "Apabila ini dieksekusi dengan baik, bisa jadi destinasi wisata. Sehingga nanti bisa menjadi nilai tambah untuk Kepulauan Seribu," kata Ismail di Jakarta, Senin (31/5/2022).

Anggota Komisi B Nur Afni Sajim juga mendukung transplantasi terumbu karang yang rencananya menjadi kegiatan prioritas Dinas KPKP DKI pada 2023 dengan anggaran Rp 2,9 miliar untuk 0,76 hektare di kawasan Kepulauan Seribu. Afni pun meminta Dinas KPKP DKI untuk bersinergi dengan Dinas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI dalam mempromosikan wisata laut.

"Terumbu karang ini bisa disinergikan Dinas Pariwisata karena promosi Pulau Seribu itu harus jadi skala prioritas kita di 2023," ucap politikus Partai Demokrat tersebut.

Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawati menjelaskan, kegiatan transplantasi terumbu karang ini merupakan kegiatan lanjutan yang sempat tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19. Dia menargetkan kegiatan transplantasi karang dimulai pada 2023.

"Harapan kita dari 144 hektare yang dikonservasi selama lima tahun kemarin, ikan kita sudah mulai banyak dan pemandangan laut kita sudah mulai pulih. Dan tahun depan kita akan mulai kegiatan transplantasi karang ini," tutur Elly, sapaan akrabnya,

Selain transplantasi terumbu karang, Elly juga menyampaikan, membuat program prioritas pembinaan terhadap pelaku budidaya rumput laut di wilayah Kepulauan Seribu. "Kami 2023 selain transplantasi terumbu karang, juga melakukan pembinaan terhadap pembudidaya rumput laut, di antaranya Pulau Pramuka, Pulau Tidung Kecil, Pulau Tidung Besar, dan Pulau Lancang," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement