Rabu 18 May 2022 13:25 WIB

Delapan Jurusan IT dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Bidang IT tak melulu bergulat dengan ilmu coding atau pemrograman

Bidang IT tak melulu bergulat dengan ilmu coding atau pemrograman.
Foto:

4. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer berfokus pada sains dan komputer yang mempelajari komputasi hardware maupun software. Jebolan ilmu komputer akan memiliki kemampuan di bidang programming dan keterampilan analisis riset serta problem solving.

Rachmat Adi Purnama mengatakan lulusan ilmu komputer dapat menjadi data scientist yang dapat menentukan objektif bisnis, tujuan teknis data science, hingga laporan akhir proyek data science. 

Prospek kerja ilmu komputer sangat dibutuhkan dalam berbagai instansi. Dengan kompetensi yang dimiliki, lulusan ilmu komputer dapat berprofesi sebagai analis program, web developer, mobile computing, technopreneur, hingga technical support. 

5. Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntasi merupakan jurusan yang menggabungkan dua bidang ilmu sekaligus yakni akuntansi dan komputer. Penggunaan teknologi informasi juga membantu akuntan dalam menciptakan laporan keuangan secara lebih efisien. 

Penggunaan teknologi juga membantu meminimalisir kesalahan yang disebabkan human error, hingga kemudahan penyimpanan data. Adi Supriyatna mengungkapkan jebolan jurusan ini akan memiliki keterampilan dalam mengembangkan perangkat lunak untuk membangun aplikasi akuntansi. 

Prospek kerja yang cocok bagi lulusan ini adalah accounting analyst, data entry supervisor, programmer, accounting software implementor, analisis manajemen bisnis, hingga analis sistem komputer. 

6. Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan salah satu karier keren dan menantang di era digital. Implementasi listrik dalam kehidupan sehari-hari membuat lulusannya mampu menciptakan Internet of Things (IoT) atau menjadi ahli robotik. 

Ketua Prodi Teknik Elektro Universitas BSI Suryanto menjelaskan jurusan teknik elektro dibekali dengan ilmu pengetahuan konsep perancangan dan produksi elektronik. Prospek kerja lulusan teknik elektro tak hanya dapat menjadi ahli robotik, melainkan juga dapat menjadi spesialis sistem jaringan, teknisi sonar dan radar, perancang teknisi elektro, product manager, hingga perencanaan produk otomatif. Pentingnya keberadaan IoT dalam membentuk smart city membuat lulusan teknik elektro banyak dibutuhkan perusahaan maupun industri. 

7. Teknologi Informasi

Peluang kerja di bidang teknologi yang semakin meningkat membuat lulusan teknologi informasi pun sangat dibutuhkan. Teknologi informasi merupakan jurusan yang mengarah pada engineering. Maka dari itu lulusannya memiliki keahlian di bidang perancangan teknologi, implementasi, pengembangan dan manajemen terhadap sistem informasi yang berbasis komputer baik hardware maupun software

Kaprodi Teknologi Informasi Universitas BSI Hendra Supendar mengatakan prospek kerja bagi jebolan ini meliputi IT consultant, network engineer, software developer, IT support analyst, system analyst, business analyst, cyber security analyst, hingga system administrator. 

8. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan ini berkutat dengan teknik dan prinsip dalam membuat software. Lulusan RPL akan memiliki keterampilan desain dan analisis algoritma, pemrograman, dan penggunaan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem informasi dan aplikasi. 

 

Kaprodi RPL Universitas BSI Ahmad Setiadi menjelaskan lulusan RPL mendukung ekonomi kreatif dan era society 5.0 dengan menghasilkan SDM profesional dan andal serta berkompeten sesuai kebutuhan dunia industri. Lulusan RPL juga mampu menguasai software development yang dapat diimplementasikan secara langsung dengan perkembangan ekonomi. Prospek kerja jebolan RPL meliputi IT developer, programmer, konsultan IT, sistem analis, database engineer dan web engineer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement