Kamis 12 May 2022 18:13 WIB

Purbalingga Cek Kondisi Kesehatan Sapi untuk Mengantisipasi PMK

Polres dan pemda melakukan pemeriksaan sampel sapi di peternakannya.

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Ilham Tirta
Petugas memeriksa kondisi sapi di sebuah peternakan (ilustrasi).
Foto: dok. istimewa
Petugas memeriksa kondisi sapi di sebuah peternakan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Polres Purbalingga bersama Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga melaksanakan pengecekan kondisi kesehatan hewan di sejumlah peternakan sapi di wilayah tersebut. Pengecekan pada Kamis (12/5/22) dihadiri oleh petugas dari Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta dan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap.

Dalam kegiatan ini dilakukan pemeriksaan sampel terhadap sapi di peternakan Desa Karanggedang, Kecamatan Bukateja, PurbaIingga. Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Totok Nuryanto mengatakan, penyakit mulut dan kuku (PMK) itu membuat pihaknya bersama Dinas Pertanian Purbalingga turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan.

Baca Juga

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pengecekan terkait penyakit mulut dan kuku.

"Kegiatan pengecekan dilakukan untuk antisipasi maupun mendeteksi dini terhadap penyakit mulut dan kuku ternak sapi di wilayah Kabupaten Purbalingga," jelas Kompol Totok Nuryanto, Kamis (12/5/22).

Dalam kegiatan ini dilakukan uji sampel pengambilan darah dan pemeriksaan liur sapi di peternakan Desa Karanggedang. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Balai Besar Veteriner Yogyakarta. Dilakukan juga pemberian multivitamin bagi sapi.

"Untuk pemeriksaan darah dan liur sapi yang telah dilakukan hari ini hasilnya menunggu hasil pemeriksaan di laboratorium," jelasnya.

Kabag Ops menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga akan terus melakukan monitoring peternakan sapi di wilayah Purbalingga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement