Jumat 06 May 2022 08:01 WIB

Petugas Gabungan Amankan Objek Wisata Danau Toba

Petugas mengurai arus lalu lintas di objek wisata Danau Toba yang dipadati warga.

Wisatawan berada di kawasan Pantai Bebas Danau Toba, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara.
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Wisatawan berada di kawasan Pantai Bebas Danau Toba, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Petugas gabungan terdiri atas personel Polres Toba, Brimob, serta Samapta Polda Sumatera Utara pada H+2 Idul Fitri 1443 Hijriah atau Kamis (5/5) turun ke lokasi. Mereka mengamankan objek wisata di daerah ini yang banyak dikunjungi masyarakat.

"Petugas mengurai arus lalu lintas di objek wisata Danau Toba yang dipadati warga dengan menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor. Hal ini membuat terjadinya kemacetan," kata Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, Kamis (5/5/2022). 

Akala menyebutkan, kendaraan yang datang melintas ke wilayah hukum Polres Toba membeludak, sehingga memadati sejumlah jalan raya di daerah tersebut. Dia pun meminta Waka Polres Kompol Lamin mengerahkan personel di persimpangan jalan menuju tempat wisata dan tim pengurai melaksanakan patroli untuk mengantisipasi kemacetan yang panjang.

Sementara, Kasat Lantas Polres Toba Iptu Gunawan Siahaan mengatakan, kendaraan roda empat yang memadati objek wisata itu diperkirakan mencapai 300 unit sedangkan roda sekitar 100 unit. "Para pengunjung banyak memadati objek wisata Pasir Putih di Parparean, Kabupaten Toba, Sumatera Utara," ucap Gunawan.

Kasi Humas Polres Toba Iptu B Samosir meminta pengunjung tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan saat kembali dari tempat wisata Danau Toba. "Patuhi peraturan lalu lintas, jangan ugal-ugalan di jalan raya karena membahayakan diri sendiri dan orang lain," kata Samosir.

Sebanyak 10.376 personel Polda Sumut dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan mudik Lebaran dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022 pada 28 April hingga 9 Mei.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement