Senin 02 May 2022 18:46 WIB

Jalan Utama Bandung-Subang di Ciater Longsor Sebabkan Kemacetan

Hingga kini petugas masih melakukan pembersihan material lumpur dari longsoran.

Sejumlah titik di Kabupaten Sumedang, tepatnya di Kecamatan Pamulihan, mengalami longsor dan pergeseran tanah. (Ilustrasi)
Foto: Dok humas polres sumedang
Sejumlah titik di Kabupaten Sumedang, tepatnya di Kecamatan Pamulihan, mengalami longsor dan pergeseran tanah. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Tebing di pinggir Jalan Raya Tangkuban Parahu Subang yang merupakan jalur utama dari daerah Bandung menuju Subang, Jawa Barat, mengalami longsor, Senin (2/5/2022). Akibatnya, sempat menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan, lokasi longsor tepatnya di Kampung Dauan, Desa Ciater, Kabupaten Subang. "Penyebab kejadian yakni hujan dengan intensitas tinggi di daerah Kabupaten Subang dan sekitarnya," kata Hadi di Bandung, Jawa Barat, Senin (2/5/2022).

Baca Juga

Dampaknya, kata dia, fasilitas umum yakni jalan penghubung Subang dan Bandung tertimbun longsor hingga menutupi setengah jalan. Namun ia memastikan tidak ada korban luka maupun jiwa dalam bencana longsor tersebut.

Selain itu, longsor itu pun menimpa tiang rambu-rambu jalan hingga tercabut dari tanah. Petugas BPBD dan warga setempat juga terus berupaya membersihkan lumpur dari jalan.

"Hingga kini petugas di lokasi masih melakukan pembersihan material lumpur dari longsoran tersebut," kata Hadi.

Ia mengatakanBPBD Jawa Barat terus berkoordinasi dengan BPBD Subang untuk mengantisipasi bahaya di lokasi tersebut. "Pihak kepolisian dan tim BPBD di lokasi juga mengatur lalu lintas dengan sistem buka tutup," kata Hadi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement