Kamis 28 Apr 2022 12:53 WIB

PLN Jabar Imbau Warga Cek Listrik di Rumah Sebelum Mudik

Kewaspadaan dini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas PLN memeriksa aliran listrik melalui alat meter listrik di salah satu rumah di Desa Lifuleo, Dusun Panaf, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/7) malam.
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Petugas PLN memeriksa aliran listrik melalui alat meter listrik di salah satu rumah di Desa Lifuleo, Dusun Panaf, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/7) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (IUD) Jawa Barat (Jabar) mengimbau masyarakat melakukan pengecekan listrik rumah sebelum mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/Lebaran 2022. Langkah itu untuk pencegahan terjadinya korsleting listrik.

"Untuk warga, khususnya pelanggan PLN, yang pertama untuk yang meninggalkan rumahnya, untuk mudik ke tempat lain, pastikan semua stop kontak dalam keadaan mati," kata Manager Sub Bidang Pengendalian Sistem Distribusi PLN IUD Jawa Barat Shofwan Juniardi di Kota Bandung, Provinsi Jabar, Kamis (28/4/2022).

Shofwan mengatakan, kewaspadaan dini tersebut perlu dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, sekaligus mengurangi pemakaian listrik yang berlebihan selama mudik Lebaran. Dia menuturkan, sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, warga sebaiknya memeriksa apakah lampu dan peralatan listrik lainnya dalam keadaan padam atau tidak teraliri listrik.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan jangan lupa membayar tagihan listrik sebelum melakukan mudik ke kampung halamannya atau mengisi token listrik pintar (prabayar) sebelum mudik. "Untuk pelanggan kami, khususnya yang pascabayar, kami harapkan sudah menyelesaikan tagihan listrik. Dan bagi pelanggan pra bayar, tidak ada salahnya juga untuk memastikan jumlah token yang tersedia masih cukup. Supaya saat kembali dari kampung halaman, tokennya sudah habis dan berbunyi, tentu kondisi seperti itu kurang nyaman ya," kata Shofwan.

 

Pihaknya juga memastikan agar listrik di rumah tujuan mudik memiliki daya yang cukup. Jika tidak cukup, pelanggan bisa menambahkan daya dengan menghubungi kantor PLN terdekat atau melalui aplikasi PLN mobile."Bagi bapak-bapak, ibu-ibu yang rumahnya di Jawa Barat, cek daya listrik di rumah. Karena biasanya saat mudik itu kan pada kumpul nih, supaya nyaman berkumpul nambah AC, dan lain-lain. Nah itu daya listriknya harus cukup," kata dia.

Baca juga : Sambut Idul Fitri, PLN Berangkatkan 842 Orang Mudik ke Kampung Halaman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement