Selasa 26 Apr 2022 16:05 WIB

Kunjungi Pos di Pulau Terluar, Aspotmar KSAL Beri Semangat ke Prajurit TNI

Kunjungan ini sangat penting untuk memotivasi prajurit dan masyarakat di wilayah itu.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah saat mengunjungi pulau terluar
Foto:

Setelah tiba di Pos, hal yang seharusnya dilakukan adalah istirahat sejenak dan membersihkan diri dari air laut dan keringat. Namun hal tersebut terpaksa diurungkan karena di pos tersebut tidak tersedia air tawar. Air tawar didapat dari tampungan air hujan di dalam bak-bak yang dibuat dari terpal dengan jumlah yang sangat terbatas.

Pada Safari Ramadan kali ini, Nur Alamsyah mengatakan Sabang adalah wilayah sangat kaya dari sisi potensi kemaritiman. Ada banyak hal yang bisa dikembangkan. Program TNI AL, lanjutnya, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dalah Kampung Bahari Nusantara (KBN). Sabang merupakan salah satu kawasan yang termasuk dalam program Kampung Bahari Nasional (KBN) yang dilaksanakan TNI AL.

"Esensi KBN adalah desa dengan kriteria miskin ekstrimnya itu desa yang memiliki kekurangan di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pariwisata karena belum dikembangkan dengan baik. Untuk itu, jika kita bisa melakukan pembinaan maka sisi keamanan akan lebih baik," ucap Nur Alamsyah. 

Selanjutnya, Nur Alamsyah memerintahkan agar dalam melakukan pembinaan terhadap KBN bekerja sama dengan berbagai pihak sesuai dengan kluster. Jika KBN berkembang dengan baik, akan berdampak pada pertahanan dan keamanan secara langsung.

 

Tahun 2021 lalu 21 KBN telah diresmikan, dan tahun 2022 ada 69 KBN yang akan dibina dan dikembangkan potensinya. Di bidang pendidikan, program KBN mempersiapkan fasilitas Rumah Pintar seperti menyediakan buku, komputer, tenaga pendampingan pendidikan dan sambungan internet.

Di bidang ekonomi melakukan pembinaan wirausaha bekerja sama dengan pemda dan kementerian. Sementara bidang kesehatan selain melakukan penyuluhan juga membantu peningkatan layanan kesehatan. Sejalan dengan pengembangan potensi pariwisata, KBN juga terlibat dalam penyuluhan dan pelatihan pengembangan pariwisata. 

"Pulau Rondo dan Sabang ini menurut saya sangat indah dan layak dikunjungi. Untuk mengembangkan kawasan ini harus berkolaborasi dengan Pemda,BUMD, KLNP dan swasta," ujar Nur Alamsyah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement