Jumat 22 Apr 2022 13:36 WIB

Polda Metro Jaya Sediakan Mudik Gratis

Ada 20 ribu kuota disiapkan dan masyarakat bisa mendaftar mudik gratis

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.
Foto: Dok Polda Metro
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya menyediakan fasilitas mudik gratis lebaran tahun 2022 untuk masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Sebanyak 400 bus telah disediakan bagi masyarakat Jakarta dan sekitar untuk beberapa rute ke Pulau Jawa.

"(Kuota) 20 ribu orang disiapkan dan masyarakat bisa mendaftar mudik gratis," jelas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga

Menurut Sambodo, rute-rute mudik gratis yang disediakan di antaranya menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Hingga saat ini pendaftaran untuk calon penumpang mudik gratis masih dibuka. Adapun untuk pendaftaran mudik gratis, kata Sambodo, bisa langsung menuju Markas Polda Metro Jaya. "(Saat ini) masih didata dan kursi masih tersedia," ungkap Sambodo.

Sambodo menjelaskan, pendaftaran mudik gratis paling akhir pada Ahad (24/4/2022) hingga pukul 12.00 WIB. Kemudian pendaftaran dilakukan secara offline di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya, Jakarta Selatan. Untuk syarat, calon pemudik cukup membawa membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Selanjutnya, masyarakat yang telah mendaftar mudik gratis Polda Metro Jaya nantinya akan diberangkatkan dengan waktu yang berbeda-beda dari Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Nantinya pemberangkatan dibagi menjadi tiga kloter. Yaitu sebanyak 150 bus berangkat pada hari Senin (25/4/2022), 150 bus pada Selasa (26/4/2022) dan terakhir pada Rabu (27/4/2022) sebanyak 100 bus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement