Selasa 19 Apr 2022 21:28 WIB

Stok Sapi Potong di Belitung Cukup Hingga Lebaran

Permintaan sapi potong pada Idul Fitri tahun ini diperkiran mencapai 400 ekor.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Warga memberi makan sapi di kandang Rumah Potong Hewan (RPH) (ilustrasi). Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan stok sapi potong sebanyak 417 ekor di daerah itu cukup untuk Lebaran.
Foto: ANTARA/Moch Asim
Warga memberi makan sapi di kandang Rumah Potong Hewan (RPH) (ilustrasi). Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan stok sapi potong sebanyak 417 ekor di daerah itu cukup untuk Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan stok sapi potong sebanyak 417 ekor di daerah itu cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kami pastikan ketersediaan sapi potong cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga

Menurut dia, jumlah sapi potong di tingkat peternak daerah itu saat ini tersedia sebanyak 417 ekor. Ia mengatakan, sapi tersebut didatangkan dari luar daerah seperti Madura sebanyak 304 ekor, Bangka sebanyak 18 ekor serta milik peternak lokal setempat sebanyak 125 ekor.

"Sehingga kami pastikan ketersediaan sapi potong cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Lebaran 2022," ujar dia.

Destika memperkirakan, permintaan masyarakat terhadap daging sapi segar pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah meningkat mencapai 400 ekor dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 300 ekor. Hal ini disebabkan sejumlah faktor diantaranya adalah kondisi perekonomian masyarakat yang mulai membaik setelah pandemi Covid-19 sehingga mempengaruhi konsumsi masyarakat.

"Kami perkirakan kebutuhan sapi potong mulai dari awal Ramadhan sampai Idul Fitri nanti sebanyak 300-400 ekor," kata Destika.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung, Suparman di Tanjung Pandan, Selasa (19/4/2022), memastikan sebanyak 417 ekor sapi potong cukup memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah. "Kebutuhan masyarakat terhadap daging memang kami perkirakan meningkat, namun sudah kami antisipasi sehingga stok kami pastikan cukup," ujar Suparman.

Dikatakan dia, sebelum dilakukan pemotongan di Rumah Potong Hewan (RPH) setempat sapi tersebut telah melewati pemeriksaan kesehatan sehingga aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat. "Pemeriksaan meliputi antemortem atau sebelum disembelih dan post mortem atau setelah sapi disembelih guna memastikan keamanan untuk dikonsumsi masyarakat," kata Suparman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement