Senin 11 Apr 2022 14:03 WIB

Seorang Pemuda Panjat Air Mancur Patung Kuda di Tengah Aksi Demo

Pemuda yang memanjat itu meneriakkan Indonesia merdeka dari atas

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Demontrasi Mahasiswa
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Demontrasi Mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Demonstrasi yang berlangsung di sekitaran Monas, menarik perhatian dengan tiba-tiba munculnya seorang pemuda yang memanjat patung air mancur. Aksinya memanjat patung air mancur dekat monuman Patung Kuda menyita perhatian demonstran juga aparat. “Merdeka, Indonesia merdeka,” kata pemuda itu dari atas lokasi tempatnya berpijak.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di lokasi, beberapa aparat kepolisian langsung bergegas mengamankan pemuda tersebut. Mereka yang baru mengetahui aksi pemuda saat berada di atas air mancur, mengamankan pemuda itu menggunakan tangga kayu.

Baca Juga

Tak diketahui identitas maupun asal pemuda yang melakukan aksi tersebut. Pihak kepolisian juga langsung menggelandang pemuda itu ke mobil tahanan polisi.

Kapolda Metro Jaya Fadil Imran mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi berbagai aksi masa di demonstrasi Senin (11/4/2022). Namun demikian, dia mengaku tidak ada potensi kerusuhan dari kelompok tertentu.

“(Anarko dan provokator) tidak ada. Saya kira kalau menggunakan pikiran yang waras kan tujuan datang ke sini menyampaikan unjuk rasa,” kata Fadil kepada awak media di Monas, Senin (11/4/2022).

Pihaknya juga meyakini, para mahasiswa tidak akan bertindak rusuh. Namun demikian, pihak kepolisian diklaimnya akan mengikuti ketentuan yang ada. “Tapi aturan tidak menjadi harga mati. Situasional sifatnya,” katanya.

Fadil melanjutkan, aparat akan tetap mewaspadai adanya berbagai elemen. Dia juga mengaku, para petugas kepolisian di lokasi telah disiapkan untuk melakukan pengamanan dan pengamatan. “Itulah gunanya pemberitahuan sebagaimana amanat UU kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum,” tuturnya. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement