Jumat 08 Apr 2022 15:18 WIB

Anggota DPRD Usulkan Lokasi CFD di Surabaya Ditambah

Anggota Komisi A DPRD Surabaya mengusulkan lokasi CFD selama Ramadhan ditambah.

Warga bersepeda saat hari bebas berkendara motor atau Car Free Day (CFD) di Jalan Kembang Jepun, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (20/3/2022). Anggota Komisi A DPRD Surabaya mengusulkan lokasi CFD selama Ramadhan ditambah.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Warga bersepeda saat hari bebas berkendara motor atau Car Free Day (CFD) di Jalan Kembang Jepun, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (20/3/2022). Anggota Komisi A DPRD Surabaya mengusulkan lokasi CFD selama Ramadhan ditambah.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Kota Surabaya mengusulkan lokasi kegiatan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor pada Ahad (10/4) sore atau menjelang berbuka puasa Ramadhan ditambah.

"Karena masih pandemi, kami minta pemkot menambah lokasi CFD untuk menghindari penumpukan pengunjung," kata anggota Komisi A DPRD Surabaya Ghofar Ismail di Surabaya, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga

Sesuai rencana, Pemkot Surabaya akan menggelar CFD di dua lokasi yakni di Jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan. Menurut Ghofar, meski ada pembatasan, namun CFD merupakan kegiatan terbuka.

Selain itu, lanjut dia, agar tidak tersentralisasidi dua lokasi, maka Pemkot harus bisa memecah dengan menggelar CFD di berbagai tempat. Meski demikian, kata dia, pihaknya mengapresiasi kebijakan Pemkot Surabaya yang telah menggelar CFD di Bulan Ramadhan sebagai upaya menggerakkan ekonomi.

Bahkan, Pemkot Surabaya menyediakan tempat khusus untuk stan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) saat CFD. Sebagai langkah awal digelarnya CFD, Ghofar menyarankan supaya stan bagi pelaku UMKM digratiskan sementara sebagai upaya untuk mendongkrak perekonomian UMKM yang saat ini belum sepenuhnya pulih akibat dampak pandemi Covid-19.

Bagi Ghofar, dengan semakin banyaknya tempat CFD, membuat para pelaku UMKM di seluruh kecamatan mendapatkan kesempatan yang sama, mencari rejeki di Bulan Ramadhan.

"Niatnya untuk kebangkitan UMKM. Sedangkan UMKM ini kan basis datanya ada di setiap kecamatan, kalau bisa CFD ini digelar secara merata di setiap kecamatan," ujar dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro sebelumnya mengatakan, pelaksanaan CFD di Jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan selama Ramadan 1443 Hijriah, digelar setiap Ahad mulai dari tanggal 10, 17 dan 24 April 2022.

CFD kali ini digelar menjelang berbuka puasa atau mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB. Selain itu, kata dia, sesuai dengan asesmen dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya tanggal 26 Maret 2022 Nomor: 443.2/5504/436.8.5/2022, pengunjung CFD Jalan Raya Darmo dibatasi 1.000 orang.

Sedangkan CFD di Jalan Tunjungan, sesuai dengan asesmen BPBD Kota Surabaya tanggal 18 Januari 2022 Nomor: 443.270948/436.8.5/2022, pengunjung dibatasi sebanyak 500 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement