Sabtu 26 Mar 2022 20:02 WIB

Ketua Kormi Kalsel Paman Birin Gelorakan Olahraga Rekreasi

Forda Kalsel 2022 diikuti 13 DPD Kormi se-Kalimantan Selatan

Forda Kalsel 2022 diikuti 13 DPD Kormi se-Kalimantan Selatan.
Foto: Pemprov Kalsel
Forda Kalsel 2022 diikuti 13 DPD Kormi se-Kalimantan Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) sekaligus Ketua DPD Kormi (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia) Kalimantan Selatan Sahbirin Noor membuka secara resmi perhelatan Forda (Festival Olahraga Rekreasi Daerah) Kalsel tahun 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (26/3/2022). Ajang ini diikuti 13 DPD Kormi se-Kalimantan Selatan dengan jumlah peserta 2.465 atlet olahraga rekreasi.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai Sabtu (26/3/2022) hingga Selasa (29/3/2022) baik di Kiram Park dan Banjarmasin. Ada 44 Inorga olahraga rekreasi yang dipertandingkan pada Forda Kalsel 2022 ini.

Baca Juga

Pembukaan event Forda ditandai pelepasan balon udara oleh Ketua Kormi Kalsel Paman Birin sekaligus melepas defile para atlet olahraga rekreasi se Kalsel. Pembukaan Forda Kalsel 2022 juga dimeriahkan pawai sepeda ontel, atraksi barongsai, silat budaya, serta breakdance.

Kegiatan pembukaan dihadiri pengurus Kormi Kalsel dan kabupaten/kota, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Forkopimda Kalsel, Sekda Kalsel Roy Rizali, pegiat olahraga rekreasi, serta unsur SKPD Pemprov Kalsel. Dalam sambutannya Paman Birin selaku Gubernur Kalsel mengapresiasi kegiatan Forda Kalsel 2022 ini sebagai ajang memasyarakatkan olahraga rekreasi di banua.

“Tujuan utama Forda Kalsel ini untuk silaturahmi, agar tubuh kita sehat, hati gembira sehingga kita dapat membuat hati kita nyaman dalam menjalani kehidupan,” ujar Paman Birin.

Selain itu, ia mengajak masyarakat untuk berkegiatan olahraga dalam kehidupan sehari sehingga tubuh sehat dan bugar. “Utamanya kegiatan Forda Kalsel ini dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat,” kata Paman Birin.

Selain itu Forda Kalsel 2022 digelar sebagai persiapan atlet Kormi Kalsel pada Fornas  tingkat Nasional 2022 di Palembang, Sumsel. “Dengan terlaksananya Forda Kalsel 2022 ini, kami berharap agar seluruh atlet dapat memberikan penampilan terbaik serta dapat menambah semangat berolahraga, rasa sportivitas yang tinggi, dan berjiwa besar dalam berkompetisi, serta dapat menumbuhkembangkan dan memberikan semangat kepada masyarakat serta mendorong generasi muda untuk ikut berperan aktif dalam mengembangkan keberadaan olahraga rekreasi,” pesan Paman Birin.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalsel Zainal Helmie menyambut positif event pelestarian olahraga tradisional. "Kami sangat mendukung kegiatan pelestarian budaya melalui kegiatan lomba olahraga tempo dulu. Ini karena tanggung jawab kita semua untuk melestarikannya," ucap wartawan senior Kalsel itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement