Jumat 18 Mar 2022 11:29 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Ciptakan Aplikasi Perpustakaan Digital

Perpustakaan digital sebagai wadah bagi karyawan menambah wawasan serta ilmu

Nadila Andika Rahma dan Arinda Tria Destiani merupakan mahasiswi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang mendapat kesempatan untuk magang di PT ASABRI Persero pada Program Magang Gerakan Nasional Indonesia Kompeten.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Nadila Andika Rahma dan Arinda Tria Destiani merupakan mahasiswi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang mendapat kesempatan untuk magang di PT ASABRI Persero pada Program Magang Gerakan Nasional Indonesia Kompeten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nadila Andika Rahma dan Arinda Tria Destiani merupakan mahasiswi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang mendapat kesempatan untuk magang di PT ASABRI Persero pada Program Magang Gerakan Nasional Indonesia Kompeten. Tak hanya sekadar mengikuti magang biasa, mereka berhasil menciptakan aplikasi perpustakaan digital untuk perusahaan tersebut.

Nadila, mahasiswi semester 5 yang berasal dari program studi (prodi) Sistem Informasi ini, menuturkan bahwa, tidak mudah untuk bisa lolos dalam mengikuti program magang ini. Ia harus bersaing dengan mahasiswa berpotensi lainnya yang berasal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga

“Alhamdulillah, saya berhasil lolos dan menyelesaikan tanggung jawab serta komitmen yang tinggi dalam kegiatan magang ini. Saya diberi kesempatan untuk bergabung pada Divisi Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) yang berpengaruh penting terhadap jalannya sistem Management, Monitoring dan Evaluasi, serta Penyelenggaraan,” ujar Nadila dalam rilis yang diterima, Jumat (18/3/2022).

Salah satu projek utama yang harus dilaksanakan dalam magang tersebut adalah pembuatan sistem perancangan perpustakaan online PT ASABRI Perseo berbasis website. Perpustakaan digital ini sebagai wadah bagi karyawan yang ingin menambah wawasan serta ilmu dengan membaca buku. Tersedia koleksi layanan buku fisik dan digital atau e-book.

“Bersama rekan saya, Arinda Tria Destiani, kami membuat sistem tersebut selama hampir enam bulan lamanya sembari melakukan semua tugas-tugas magang. Arinda bertugas untuk dibagian administrasi seperti desain banner, data buku, twibbon cover buku dan guide book untuk admin perpustakaan online,” imbuhnya.

Sementara itu, Arinda mengatakan, sangat banyak sekali pengalaman serta wawasan dan ilmu yang diperolehnya selama magang di PT ASABRI Persero. Salah satunya bangga terhadap keberhasilan diri telah menciptakan aplikasi perpustakaan digital.

“Terobosan yang saya beri adalah merancang perpustakaan online yang diimplementasikan disana, menjadi best achievement untuk saya. Semoga sistem ini menjadi terobosan unggul untuk PT ASABRI (Persero) yang kompleks, fungsional dan user friendly,” ungkapnya.

Sementara itu, Rachmat Suryadithia selaku Kepala BSI Career Center (BCC) Universitas BSI mengaku, sangat bangga dan bersyukur kepada Arinda dan Nadila yang berhasil menciptakan aplikasi perpustakaan digital.

“Saya sangat bangga atas keberhasilan Arinda dan Nadila dalam menjawab tantangan sehingga berhasil menciptakan aplikasi perpustakaan digital untuk PT ASABRI Persero. Saya berharap di batch selanjutnya, lebih banyak mahasiswa Universitas BSI yang dapat memberikan kontribusi nyata di PT ASABRI (Persero) saat magang nanti,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement