Sabtu 05 Mar 2022 20:44 WIB

Liga Futsal Nusantara Sumbar Perebutan Tiket Babak 34 Besar Nasional

Dua tim dari 34 ini akan promosi ke Liga Futsal Nusantara hingga masuk Liga Pro.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Pertandingan Liga Futsal Nusantara Provinsi Sumatra Barat 2022 antara Ikasmandoe Padang melawan Situjuah 50 Kota, di Lapangan Rafhely Futsal Tanah Datar di Kecamatan Sungayang, Sabtu (5/3)|
Foto: Febrian Fachri/Republika
Pertandingan Liga Futsal Nusantara Provinsi Sumatra Barat 2022 antara Ikasmandoe Padang melawan Situjuah 50 Kota, di Lapangan Rafhely Futsal Tanah Datar di Kecamatan Sungayang, Sabtu (5/3)|

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAYANG -- Liga Futsal Nusantara 2022 tingkat Sumatra Barat, dimulai hari ini, Sabtu (5/3). Seluruh pertandingan digelar di Lapangan Rafhely Futsal Tanah Datar, tepatnya di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatra Barat, Yasman Yanusar, mengatakan, turnamen kali ini diikuti 16 tim dari berbagai daerah di Sumbar. "Pertandingan akan berlangsung selama 8 hari. 5-13 Maret 2022," kata Yasman.

16 tim ini dibagi ke dalam empat grup. Grup A terdiri dari Futsal Tanah Datar, Gema FC Bonjol, Jordus FC, dan SF Spartacks.

Grup B terdiri dari Ikasmandoe Padang, Situjuah 50 Kota, Kota Payakumbuh, dan Futsal Padang Pariaman. Grup C diisi oleh PSR FC, Kota Bukittinggi, Rafhely FC dan Kota Sawahlunto. Kemudian grup D terdiri dari NKRI CA, Futsal Pasaman, DE Javu Pasaman dan Tamar Kota Pariaman.

Yasman menyebut, Liga Futsal Nusantara tingkat Sumatra Barat ini memperebutkan tiket menuju tingkat nasional. Tim yang berhasil menjadi juara di Liga Futsal Nusantara Sumbar 2022 ini akan mendapatkan tiket ke babak 34 besar Liga Nusantara nasional. Yang nantinya dua tim dari 34 ini akan promosi ke Liga Futsal Nusantara hingga berpeluang masuk kasta profesional, Liga Pro.

Yasman menjelaskan, Liga Nusantara ini sudah mengalami beberapa kali penundaan karena pandemi covid. Dia berharap, kompetisi ini terus bergulir AFP dapat menemukan bakat-bakat muda pemain futsal masa depan. 

Yasman bercita-cita tim futsal Sumatra Barat dapat kembali mengukir prestasi gemilang seperti menjuarai medali emas PON 2012 di Riau. "Turnamen ini juga untuk melihat bakat-bakat terbaik yang dapat diorbitkan ke level lebih tinggi,"ujar Yasman.

AFP Sumbar, lanjut Yasman, juga sedang mempersiapkan perwakilan Sumbar untuk Prapon Sumatra Utara dan Aceh. PON XXI Aceh-Sumut akan diadakan pada 2024 mendatang. 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement