Selasa 01 Mar 2022 19:49 WIB

Paman Birin Ajak Masyarakat Lestarikan Makanan Tradisional

Aksi borong makanan oleh Paman Birin biasa dilakukannya saat melakukan kunjungan

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin, terus mendorong  peningkatan usaha ekonomi kerakyatan secara nyata. Caranya adalah dengan gemar membeli produk - produk kerajinan rakyat ataupun makanan tradisional  khas lokal.
Foto: istimewa
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin, terus mendorong peningkatan usaha ekonomi kerakyatan secara nyata. Caranya adalah dengan gemar membeli produk - produk kerajinan rakyat ataupun makanan tradisional khas lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN--Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin, terus mendorong  peningkatan usaha ekonomi kerakyatan secara nyata. Caranya adalah dengan gemar membeli produk - produk kerajinan rakyat ataupun makanan tradisional  khas lokal.

Seperti saat usai menjenguk masyarakat diduga korban keracunan makanan massal asal Pulau Sewangi Alalak di RSUD Ansari Saleh Banjarbaru. Paman Birin  bersama kolega menyinggahi sebuah warung di depan rumah sakit tersebut.  Ia terlihat menikmati sajian minuman teh hangat dan makana wadai (kue) tradisional khas Banjar.

Baca Juga

Ia juga  membeli wadai (kue) tradisional khas Banjar yang dijual di warung itu dalam jumlah cukup banyak. Bisanua Wadai itu ia bagikan lagi untuk masyarakat kampung atau desa desa diana ia melintas.

Sebagian lagi ia berikan kepada pada kerabat dan koleganya. Aksi Paman Birin memborong dagangan pelaku ekonomi kecil dan menengah di Kalsel sudah biasa dilakukan di berbagai kesempatan kunjungan menemui masyarakat.“Dengan membeli dagangan pedagang kecil maka ini adalah bentuk nyata menghidupkan ekonomi rakyat,” kata Paman Birin saat di warung. Terlebih lagi akibat pandemi Covid 19 yang belum juga berakhir, membuat ekonomi masyarakat kecil terdampak.“Dengan membeli wadai khas Banjar ini kita juga menghidupkan warisan budaya turun temurun dari para tetuha kita,” kata Paman Birin.

Ia juga mengajak masyarakat untuk gemar membeli makanan produk lokal baik minuman atau sajian khas lokal. Seperti diketahui Paman Birin dalam berbagai kunjungan juga kerap singgah di warung milik warga setempat. Biasanya selain memborong dagangan makanan dan minuman di sana untuk dibagikan ke warga, Paman Birin juga menjalin silaturahmi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement