Kamis 24 Feb 2022 23:51 WIB

The Surosowan Gelar Audisi untuk Seniman Musisi Jalanan Kota Cilegon

Masa penyeleksian awal TS Got Talent Auditions telah dimulai sejak 22 Februari 2022.

Salah satu pesert TS Got Talent Auditions.
Foto: Dok. Ksp
Salah satu pesert TS Got Talent Auditions.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON – Seniman jalanan khususnya musisi yang berada di Kota Cilegon, Banten kini bisa mengejar mimpi mereka untuk mendapatkan panggung yang layak dalam berkarya lebih seiring dengan digelarnya ajang TS Got Talent Auditions. Ajang pencarian bakat ini rencananya akan digelar oleh restoran The Surosowan yang merupakan salah satu unit bisnis PT. Krakatau Sarana Properti (KSP). 

Kegiatan ini bertujuan mencari talenta musisi jalanan berbakat di Kota Cilegon yang nantinya akan mengisi dengan rutin menghibur para tamu di restoran The Surosowan. Ide awal yang dicetuskan oleh Direktur Utama PT. KSP Ridi Djajakusuma ini bertujuan untuk membantu para musisi dan seniman Kota Cilegon agar mendapatkan wadah yang lebih baik lagi untuk bisa menyalurkan kemampuan mereka dalam dunia tarik suara sekaligus mencari rejeki ditengah kondisi masa pandemi saat ini.

Baca Juga

“Kami tengah membuka audisi bagi para seniman jalanan Kota Cilegon yang bertalenta lewat karya musik mereka, supaya mereka juga bisa mendapatkan wadah yang baik ditengah masa pandemi saat ini yang dampaknya tentunya juga dirasakan oleh teman-teman seniman jalanan tersebut," kata Saeful Rochman selaku Manager Corporate Secretary KSP yang juga sebagai panitia TS Got Talent Auditions dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/2/2022).

Ia mengatakan, pihaknya berencana akan memilih tiga orang finalis. Nantinya, kata dia, mereka berkesempatan secara rutin dengan periode yang sudah ditentukan dapat menghibur para tamu di restoran The Surosowan. 

"Bahkan bisa juga mereka akan tampil di Hotel The Royale Krakatau pada momen dan kegiatan tertentu. Saat ini kami membuka audisi dengan cara para seniman tersebut membuat rekaman video penampilan mereka dengan durasi 1-5 menit. Para pemusik bisa tampil dengan akustik menggunakan gitar, keyboard, dan alat musik lainnya. Nantinya kami akan memilih 10 besar kontestan dan akan langsung tampil di The Surosowan untuk kami pilih juaranya (tiga besar) dan kami akan siapkan kontrak untuk mereka," kata dia.

Ridi Djajakusuma selaku Dirut PT. KSP berharap dengan adanya ajang TS Got Talent Auditions ini dapat mengangkat harkat para musisi jalanan Kota Cilegon menjadi lebih baik lagi. Selain tentunya, tujuan diadakannya event ini juga untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para tamu yang datang ke The Surosowan dengan menampikan suguhan akustik dari para musisi jalanan tersebut.

“Jalan hidup seseorang tidak ada yang tahu. Di awal karier saya sempat merintis sebagai promotor musik dan pernah membawa beberapa musisi papan atas Indonesia untuk tampil di Amerika menghibur warga negara Indonesia bahkan warga asing di sana, hingga pada akhirnya saya mendapatkan kesempatan meningkatkan jenjang karier seperti sekarang," kata dian

"Munculah ide ini, agar ada kesempatan bagi para musisi jalanan di Kota Cilegon untuk bisa mewujudkan mimpi mereka salah satunya mungkin dari kegiatan ini. Bisa jadi dengan mereka tampil rutin di The Surosowan, bakat mereka akan lebih dilihat banyak orang," kata dia.

Ia mengatakan, tak menutup kemungkinan kelak ada pelanggan dan tamu yang seorang produser musik dan menawarkan hal yang lebih baik lagi. "Saat ini KSP lewat The Surosowan peduli terhadap musisi jalanan, namun kedepan saya juga berharap kami juga bisa membantu mengenalkan budaya lokal dan seniman lainnya seperti mengadakan festival budaya Banten atau mengadakan pameran seni lukisan disini," ujar dia.

Sebagai perusahaan pelat merah, kata dia, pihaknya juga ingin menunjukan rasa peduli dan empati terhadap sesama anak bangsa dalam bentuk apapun. "Salah satunya dengan audisi ini yang akan kami segera wujud nyatakan pada bulan Maret mendatang," kata sosok yang nanti akan menjadi juri bersama calon juri lainnya yakni Ivanka Slank dan Ikke Nurjanah.

Masa penyeleksian awal TS Got Talent Auditions telah dimulai sejak tanggal 22 Februari 2022 dan akan berjalan sampai dengan 6 Maret 2022 mendatang dan informasi kegiatan ini juga telah tersebar luas dengan bekerjasama dengan para tokoh seniman yang ada di Kota Cilegon.

“Kami telah menyebarkan informasi ini bekerjasama dengan komunitas seniman Kota Cilegon. Jika masa pandemi bulan Maret mendatang perlahan turun, kami akan melaksanakan kegiatan ini di pertengahan atau akhir bulan Maret dengan menerapkan prokes yang ketat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement