Kamis 17 Feb 2022 10:18 WIB

Mahfud Berani Ditantang Debat Soal Wayang dengan Ustaz Khalid Basalamah

Mahfud MD siap melakukan halaqah dan tabayun secara Islami Ustaz Khalid.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku siap berdebat dengan Ustaz Khalid Basalamah. Mahfud membalas tantangan warganet pemilik akun Twitter @rinaldialamsya5 yang bersedia menyediakan medium diskusi terbuka, baik secara langsung maupun daring.

"Prof, mau saran, Anda kan punya ilmu agama yang cukup tinggi. Saya usul bagaimana kalau kita buatkan acara debat atau diskusi terbuka dengan Ustadz Khalid? Secara online dan live? Berani Prof? Sebaiknya Anda setuju biar tidak dinilai hanya berani menyindir orang di belakangnya saja," kata warganet tersebut.

Baca Juga

Mahfud pun mengiyakan tantangan tersebut. Hanya, ia menekankan, jika konsep acara tidak dibuat untuk perdebatan, melainkan tabayun atau silaturahim. Dia juga menekankan jika statusnya bukan sebagai menko polhukam, melainkan seorang dosen.

"Beranilah. Bukan berdebat, tapi tabayun. Kan bagus bisa silaturahim dengan Ustadz Khalid. Saya sebagai dosen saja, bukan menteri. Anda atur saja, misal 30 menit virtual berdua. Kami bicara berdua, yang lain boleh menyaksikan. Rasanya kimia saya sama dengan beliau: siap melakukan halaqah dan tabayun secara Islami," ujar Mahfud menjawab pertanyaan @rinaldialamsya.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan tentang tausiyah Ustadz Khalid yang menjawab pertanyaan jamaah tentang wayang dan meminta agar dimusnahkan saja. Kemudian, Mahfud beberapa kali membuat status tentang wayang.

"Wayang sarat dengan nilai kemanusiaan dan hukum sebab akibat dari setiap perbuatan manusia. Ada ibrah sosial seperti yang diajarkan oleh agama. Halal," ujar guru besar Universitas Islam Indonesia (UII) tersebut.

Akun @rinaldialamsya5 bersedis menyediakan medium diskusi terbuka itu baik secara langsung maupun daring. Warganet tersebut kemudian bertanya apakah Mahfud berani untuk mengambilnya. Baca juga: Heboh Wayang Haram, Mahfud MD Ngaku Pernah Diajak Gus Dur Nonton Wayang "Prof, mau saran, anda kan punya ilmu agama yang cukup tinggi, saya usul bagaimana kalau kita buatkan acara debat atau diskusi terbuka dengan Ustad Khalid? Secara online dan live? Berani Prof? Sebaiknya anda setuju biar tidak dinilai hanya berani menyindir orang dibelakangnya saja," tulisnya, Rabu 16 Februari 2022.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 17 Februari 2022 - 03:31 WIB oleh Riezky Maulana dengan judul "Mahfud MD Siap Debat dengan Ustaz Khalid Basalamah Soal Wayang". Untuk selengkapnya kunjungi:

https://nasional.sindonews.com/read/688357/15/mahfud-md-siap-debat-dengan-ustaz-khalid-basalamah-soal-wayang-1645038137

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.

- Android: https://sin.do/u/android

- iOS: https://sin.do/u/ios

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement