Rabu 16 Feb 2022 12:32 WIB

Hati-Hati dengan Pasangan Anies-Ridwan Kamil

Pasangan Anies-Ridwan Kamil menguasai suara Jakarta dan Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan diprediksi menjadi pasangan unggualan di PIlpres 2024. Foto Anies dan Ridwan Kamil (tengah) -ilustrasi-
Foto: dok. Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan diprediksi menjadi pasangan unggualan di PIlpres 2024. Foto Anies dan Ridwan Kamil (tengah) -ilustrasi-

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pendiri KedaiKOPI, Hendri Satrio menyebut pasangan Anies Baswedan-Ridwan Kamil (RK), akan menjadi ungggulan di Pilpres 2024. Sejumlah hasil survei sudah menunjukkan keduanya bisa menguasai dua lumbung suara terbesar di Indonesia.

Ini disampaikan Hendri menanggapi survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Survei itu mengukur elektabilitas tokoh nasional di Jawa Barat. Dalam simulasi empat nama calon, RK menjadi yang terkuat dengan elektabilitas 22,2 persen. Prabowo Subianto mendapat suara 21,9 persen, Anies Baswedan (19,3 persen), dan Ganjar Pranowo (17,8 persen).

"Jadi kesimpulannya yang pertama hati-hati dengan pasangan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil," kata Hendri melalui pesan suara, Rabu (15/2/2022).

Jika Anies-RK berpasangan, kata Hendri, mereka akan menjadi lawan serius untuk pasangan lain di Pilpres 2024, “Bayangkan, Prabowo saja suaranya tertinggal di Jakarta dan Jawa Barat oleh mereka berdua,” kata dia.  Anies diam-diam akan menempel elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo di Pilpres 2024.

 

Menurut Hendri,  Anies Baswedan sendiri tergambar menguasai suara di dua lumbung suara yaitu Jakarta dan Jawa Barat. Jika Anies dan RK menjadi pasangan, mereka akan menjadi pasangan yang kuat. “Karena Jawa Barat merupakan provinsi dengan suara terbesar di Indonesia. Jika mereka sudah menjadi satu pasangan, mereka sudah menguasai lumbung suara terbanyak,” kata Hendri.

Namun kalau ternyata mereka gagal maju pilpres, menurut Hendri, Anies akan mencoba peruntungannya di Pilgub Jakarta. Sementara RK juga mencoba peruntungan di Jawa Barat atau mungkin sudah diangkat sebagai kepala Badan Otorita IKN oleh Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement