Rabu 16 Feb 2022 00:59 WIB

Ini Alasan Karantina Luar Negeri Berkurang Tiga Hari

Karantina PPLN tiga hari berlaku bagi masyarakat yang sudah booster.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menerangkan alasan di balik pengurangan masa karantina bagi warga yang sudh menerima booster.
Foto: Satgas Covid-19.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menerangkan alasan di balik pengurangan masa karantina bagi warga yang sudh menerima booster.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang sudah mendapat vaksin dosis ketiga dikurangi menjadi tiga hari. Alasannya jumlah virus yang lebih cepat turun dengan masa penyembuhan lebih cepat dan risiko penularan lebih kecil, kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Dalam konferensi pers virtual diikuti dari Jakarta, Selasa (15/2/2022), Wiku menjelaskan rencana pengurangan masa karantina bagi PPLN yang sudah mendapat vaksin booster itu dilatarbelakangi studi. Penelitian menemukan jumlah virus lebih cepat turun bagi yang sudah divaksin dibandingkan yang belum menjalaninya.

Baca Juga

"Dengan demikian masa penyembuhan pada orang tersebut cenderung lebih cepat dan risiko menulari orang lain cenderung lebih kecil," katanya.

Namun, Koordinator Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 itu menegaskan bahwa setiap pelaku perjalanan termasuk yang sudah divaksin tetap harus menjalankan prinsip kehati-hatian dan protokol kesehatan setelah menjalani karantina. "Dalam situasi kebencanaan harus mampu beradaptasi dengan kebijakan yang dinamis dan hati-hati," tegas Wiku.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers pada Senin lalu (14/2/2022) menyebut pemerintah akan mengurangi durasi karantina baik bagi PPLN warga asing maupun Indonesia dari lima hari menjadi tiga hari. Pengurangan karantina itu berlaku bagi WNI dan WNA yang sudah menjalani vaksinasi booster atau penguat.

Mereka wajib melakukan tes PCR saat masuk dan selesai karantina. Apabila situasi terus membaik, kata Luhut, maka pemerintah berencana menurunkan durasi karantina menjadi tiga hari bagi seluruh PPLN pada 1 Maret 2022.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement