Selasa 15 Feb 2022 02:06 WIB

PTPN 2 Siap Gelar Operasi Pasar Gula Bantu Tekan Gejolak Harga

Harga gula di pedagang rata-rata sudha di atas HET yang sebesar Rp 12.500 per kg.

Seorang pedagang menunjukkan gula pasir yang dijual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). ilustrasi
Foto: Antara/Aji Styawan
Seorang pedagang menunjukkan gula pasir yang dijual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 2 bersiap menggelar operasi pasar (OP) gula untuk membantu menekan harga salah satu bahan pokok itu yang terus bergerak naik di Sumut."OP gula PTPN 2 direncanakan bersamaan dengan PTPN lainnya (holding) dengan produk yang berbeda,," ujar Direktur PTPN-2, Irwan Perangin-angin di Tanjung Morawa, Deliserdang, Sumut, Senin (14/2/2022).

Dia tidak merinci total gula yang akan di OP. kan dan harganya dengan alasan sedang masa persiapan."Tunggu saja waktunya ya," katanya melalui Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN 2 Henny Mailena Siregar.

Baca Juga

OP gula itu merupakan wujud kepedulian perusahaan BUMN dan juga atas arahan Kementerian BUMN. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, Barita Sihite mengakui, harga gula terus bergerak naik di pasar Sumut.

Hasil pantauan Senin (14/2/2022) harga gula sudah rata-rata Rp14. 272 per kg atau di atas harga eceran tertinggi (HET) yang sebesar Rp12.500 per kg. Semakin jauh lokasi pasar dari Kota Medan, harga gula lebih mahal.

Harga gula, katanya, terus bergerak naik sejak Januari dengan alasan pedagang, pasokan ketat."Mudah-mudahan harga gula bisa turun segera karena pabrik gula PTPN 2 sudah berproduksi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement