Selasa 08 Feb 2022 14:35 WIB

1.407 Rumah Warga Terendam Banjir di Bengkulu

Dampak banjir Bengkulu menimbulkan keugian sekitar Rp 970 juta.

Dampak banjir Bengkulu menimbulkan keugian sekitar Rp 970 juta.
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Dampak banjir Bengkulu menimbulkan keugian sekitar Rp 970 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Banjir yang terjadi di sembilan dari 10 wilayah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu sejak Ahad malam (6/2/2022) menyebabkan 1.407 rumah warga tergenang dan menimbulkan kerugian sekitar Rp970 juta menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu Khristian Hermansyahmengatakan bahwa banjir menyebabkan setidaknya679 rumah warga tergenangdi Kota Bengkulu.

"Selain rumah, sekolah, fasilitas umum, kantor, dan sawah juga ikut terendam," katanya di Kota Bengkulu, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga

Di Kabupaten Bengkulu Utara, ia melanjutkan, banjir mengakibatkan395 rumah, dua sekolah, empat fasilitas umum, kolam seluas empat hektare, dan 87 hektare sawah tergenang serta tiga sapi hanyut. Sebanyak 89 rumah dan satu kantor desa diKabupaten Bengkulu Tengah serta 85 rumah dan dua kantor di Kabupaten Seluma juga tergenang akibat banjir.

Banjir menyebabkan satu rumah rusak ringan di Bengkulu Tengah serta mengakibatkan tujuh rumah rusak ringan, dua rumah rusak sedang, dan satu jembatan rusak di Seluma. Menurut data BPBD, banjir menyebabkan 70 rumah terendam serta mengakibatkan kerusakan tiga rumah dan satu bendungan di Kabupaten Lebong serta menyebabkan 40 rumah tergenang dan memicu tanah longsor di tiga titik di Kabupaten Kaur. Selain itu, banjir mengakibatkan 33 rumah tergenang di Kabupaten Bengkulu Selatan serta menyebabkan 15 rumah dan lima kendaraan terendamdi Kabupaten Mukomuko.

"Sedangkan di Kabupaten Kepahiang ada dua titik tanah longsor," kata Khristian.

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Provinsi Bengkulu pada 5 Februari 2022 menyebabkan permukiman warga kebanjiran sejak Minggu malam (6/2). Menurut Khristian, warga yang terdampak banjir saat ini membutuhkan bantuan air bersih, persediaan makanan, dan tenda untuk mengungsi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement