Senin 07 Feb 2022 07:55 WIB

Kecelakaan yang Tewaskan Banyak Korban Sudah Dua Kali di Bukit Bego

Dugaan sementara kecelakaan bus yang menewaskan 13 orang disebabkan rem blong.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Agus raharjo
Petugas gabungan melakukan evakuasi korban dari lokasi kecelakaan bus di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Ahad (6/2/2022). Hingga Ahad (6/2) malam, petugas kepolisian mencatat sebanyak 13 orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.
Foto: ANTARA/Dewangga
Petugas gabungan melakukan evakuasi korban dari lokasi kecelakaan bus di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Ahad (6/2/2022). Hingga Ahad (6/2) malam, petugas kepolisian mencatat sebanyak 13 orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pihak kepolisian akan menggunakan traffic accident analysis (TAA) untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan bus pariwisata yang terjadi di Imogiri, Bantul, Ahad (6/2/2022). Kecelakaan tunggal bus pariwisata tersebut merenggut 13 korban jiwa. Kepolisian masih menduga kecelakaan tersebut terjadi karena rem yang tidak berfungsi dengan baik.

TAA diterjunkan mengingat kecelakaan di kawasan sekitar Bukit Bego tersebut sudah dua kali terjadi. Melalui alat ini, nantinya akan dibuat analisis dalam bentuk animasi terkait kecelakan tersebut.

Baca Juga

"Dengan dua kali kejadian ini, kami akan menurunkan tim analisis tentang kondisi kecelakaan ini. Apakah dari faktor jalannya, atau dari faktor pengemudi, maupun faktor kendaraan, maupun cuaca," kata Wadirlantas Polda DIY, AKBP Hendra Gunawan di Mapolres Bantul, Ahad (6/2/2022) malam. 

Hendra menyebut, analisis dari TAA itu nantinya akan menghasilkan output yang akan dijadikan dasar untuk antisipasi kedepan agar tidak terjadi kembali kejadian serupa. Terlebih, kawasan tersebut juga merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

"Ini bagian dari kita sebagai evaluasi dan kita juga daerah wisata dan jadi salah satu tujuan wisata tertinggi di Indonesia. Tentunya akan kita antisipasi dengan stakeholder terkait untuk meminimalisir kejadian selanjutnya," ujar Hendra.

Sementara itu, Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi bersama stakeholder terkait dengan antisipasi kecelakaan lainnya di kawasan tersebut. "Ini (kecelakaan yang menewaskan banyak orang) sudah dua kali kejadian, itu sudah lama 2017 lalu," kata Ihsan.

Ihsan juga meminta agar bus-bus pariwisata untuk tidak melewati jalur tersebut. Setidaknya, hingga hasil evaluasi dan analisi kecelakaan selesai dilakukan. "Kami imbau kepada pemilik kendaraan pariwisata, terutama bus untuk sementara tidak melewati tempat itu karena sudah dua kejadian sampai menunggu hasil evaluasi bersama," ujar Ihsan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement