Ahad 06 Feb 2022 22:09 WIB

Pasar Tani Dinilai Bantu Masyarakat Dapatkan Bahan Pangan

Pasar Tani menjual hasil panen petani langsung.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Petani memanen buah melon (ilustrasi). Pasar Tani yang dibuka setiap bulan dapat membantu masyarakat untuk mempermudah mendapatkan kebutuhan pangan kualitas baik.
Foto: Antara/Umarul Faruq
Petani memanen buah melon (ilustrasi). Pasar Tani yang dibuka setiap bulan dapat membantu masyarakat untuk mempermudah mendapatkan kebutuhan pangan kualitas baik.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Bupati Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahani Saleh menilai Pasar Tani yang dibuka setiap bulan dapat membantu masyarakat untuk mempermudah mendapatkan kebutuhan pangan kualitas baik.

"Pasar Tani dengan menjual hasil panen petani sangat membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pangan hasil langsung dari panen petani sehingga kualitas pangan masih tetap baik atau segar," kata Sahani di Tanjung Pandan, Bangka Belitung, Ahad (6/2/2022).

Baca Juga

Saat ini, menurut dia, Pasar Tani menjadi wadah untuk memberdayakan para petani menjual langsung hasil pertanian ke konsumen. Pasar Tani ini juga mampu meningkatkan perekonomian petani. "Selain kualitas produk pertanian yang masih segar, kualitas produk dipastikan baik sehingga cukup sehat," jelasnya.

Layanan Pasar Tani juga menjual kebutuhan pokok masyarakat lainnya seperti minyak goreng yang saat ini banyak dibutuhkan masyarakat karena harga yang sama.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly mengatakan Pasar Tani selalu di buka setiap bulan pada pekan pertama. "Saya melihat masyarakat umum cukup antusias belanja di Pasar Tani karena merasa mendapatkan kebutuhan pangan dengan kualitas bagus dan harga yang terjangkau," ujar Destika

Menurut dia, berdasarkan data, total nilai penjualan sebanyak 20 pedagang dalam Pasar Tani kali ini mencapai Rp20 juta. "Mudah-mudahan Pasar Tani yang akan di buka bulan depan atau Maret mendapat dukungan penuh dari masyarakat untuk belanja hasil pertanian sejumlah petani di Belitung," kata Destika.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement