Selasa 01 Feb 2022 06:01 WIB

Jokowi akan Resmikan Pelabuhan Penyebrangan di Kawasan Toba

Kemenhub membangun 13 pelabuhan penyeberangan di tujuh kabupaten di Sumatera Utara.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Foto aerial Danau Toba dari kawasan wisata menara pandang Tele di Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/2/2021).Sejumlah pelabuhan penyebrangan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Foto aerial Danau Toba dari kawasan wisata menara pandang Tele di Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/2/2021).Sejumlah pelabuhan penyebrangan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pelabuhan penyebrangan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan tersebut yang dibangun dalam rangka mendukung sektor pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. 

"Ini harus dipastikan bisa melayani dengan baik untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional yang tengah dikembangkan pemerintah,” kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Senin (31/1/2022). 

Baca Juga

Kemenhub membangun sebanyak 13 Pelabuhan Penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten di Sumatra Utara.  Untuk di Kabupaten Toba sebanyak empat pelabuhan, di Kabupaten Samosir sebanyak empat pelabuhan, di Kabupaten Simalungun terdapat satu pelabuhan, di Kabupaten Tapanuli Utara ada satu pelabuhan, di Kabupaten Humbang Hasundutan terdapat satu pelabuhan,  di Kabupaten Karo terdapat satu pelabuhan, dan Kabupten Dairi satu pelabuhan. 

Sebanyak tujuh diantaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan.

Pelabuhan penyebrangan yang akan segera diresmikan yaitu Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Simanindo di Kabupaten Samosir, Tigaras di Kabupaten Simalungun, Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Tongging di Kabupaten Karo.  Sedangkan, pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun yaitu Silalahi di Kabupaten Dairi, Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan di Kabupaten Samosir, Sigapiton dan Porsea di Kabupaten Toba. 

Menhub menjelaskan, pelabuhan-pelabuhan penyeberangan tersebut dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba. "Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya," ungkap Budi. 

Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan yang juga akan diresmikan bersamaan dengan tujuh pelabuhan penyeberangan. Sebanyak empat kapal akan diresmikan yaitu dua unit bus air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora. 

"Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan yaitu KMP Ihan Batak," tutur Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement