Sabtu 29 Jan 2022 07:57 WIB

Sambangi Rumah Pengemis, Satpol PP Kotawaringin Timur: Mereka Punya Motor Baru-Mobil!

Pengemis yang disambangi Satpol PP terjaring razia pada Kamis malam.

Pengemis (ilustrasi). Keluarga dengan 12 anak yang mengemis di Kotawaringin Timur kedapatan memiliki motor baru dan mobil.
Foto:

Sugeng mengatakan, mereka beralasan bisa mendapatkan uang dengan mudah hingga ratusan ribu rupiah per hari. Saat petugas Satpol PP mengamankan perlengkapan mengamen dan meminta-minta, anak-anak di bawah umur itu hanya tersenyum.

Menurut Sugeng, mereka bereaksi seperti itu lantaran yakin hanya dalam beberapa hari mereka sudah bisa mendapatkan uang untuk membeli kembali peralatan mengamen seperti okulele dan lainnya. Saat terjaring penertiban, anak-anak itu bersama kakak perempuan mereka yang berusia 17 tahun.

Sugeng menyebut, kondisi ini sangat memprihatinkan karena anak-anak tersebut memilih menjadi pengamen maupun peminta-minta. Mereka merasa bisa dengan sangat mudah mendapatkan banyak uang dengan memanfaatkan iba dari warga Sampit.

"Untuk penanganannya, Dinas Sosial yang berwenang. Kami hanya mendampingi saat penertiban," kata Sugeng.

Sementara itu, Dinas Sosial memberi pembinaan kepada pengemis maupun pengamen tersebut. Penanganannya juga kembali dikoordinasikan dengan Dinas Sosial daerah asal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement