Jumat 28 Jan 2022 17:46 WIB

Panglima ke Papua untuk Beri Pesan Tegas kepada Pelaku Penembakan Prajurit TNI

Andika menegaskan, para pelaku penembakan prajurit TNI harus bertanggung jawab.

Prajurit TNI berjaga di samping peti jenazah Serda Anumerta Miskel Rumbiak saat prosesi upacara pelepasan di lapangan Yon Zipur 20 PPA Sorong, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat (21/1/2022). Serda Anumerta Miskel Rumbiak dari Yon Zipur 20/PPA menjadi korban meninggal dunia usai kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Maybrat saat perjalanan misi kemanusiaan menuju lokasi pembangunan jembatan di Distrik Aifat Timur Kabupaten Maybrat.
Foto:

Jenazah prajurit TNI personel Satgas Kodim YR 408/SBH yang menjadi korban KKB di Kabupaten Puncak, Papua, dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Ketiganya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

"Sebelum ketiga jenazah prajurit TNI tersebut diberangkatkan ke kampung halaman masing-masing, terlebih dahulu digelar upacara pelepasan  jenazah," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Aqsha Erlangga, kepada Republika, Jumat (28/1).

Aqsha mengungkapkan, upacara pelepasan jenazah dilaksanakan sekitar pukul 06.15 WIT di Aula Mayonif R 754/ENK jalan Trans Nabire, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua. Setelah upacara, ketiga jenazah dibawa ke Bandara Timika untuk kemudian diterbangkan menuju kampung halaman masing-masing.

"Selanjutnya ketiga jenazah Prajurit TNI Alm Serda M Rizal Maulana Arifin, Alm Pratu Tuppal Halomoan Baresa dan Alm Pratu Rahman Tomilawa dibawa menuju Bandara Timika untuk diterbangkangkan menuju kampung halaman masing-masing," kata Aqsha.

Menurut Aqsha, jenazah Serda M Rizal Maulana Arifin diberangkatkan dari Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika menuju Bandung pada pukul 07.00 WIT dengan menggunakan pesawat dengan rute penerbangan Timika-Jayapura-Makassar-Bandung.

Lalu, keberangkatan jenazah Pratu Tuppal Halomoan Barasa diberangkatkan dari Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika menuju Jambi pukul 07.02 WIT menggunakan pesawat dengan tujuan Jambi via Jakarta.

Sedangkan, untuk jenazah Pratu Rahman Tomilawa direncanakan akan diberangkatkan menuju Ambon via Makassar pada pukul 17.30 WIT menggunakan pesawat. Namun karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan sehingga ditunda sementara.

"Direncanakan pesawat akan mencoba lagi menuju Timika setelah cuaca membaik," jelas Aqsha.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman rencananya akan memimpin langsung upacara pemakaman salah satu dari tiga prajurit TNI yang gugur, yakni Serda M Rizal Maulana Arifin. Upacara pemakaman itu bakal digelar di Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan rasa cinta KSAD terhadap prajuritnya yang gugur. Tatang mengungkapkan, jenazah Serda Rizal pun rencananya akan diberangkatkan ke Bandung pada hari ini, Kamis (27/1/2022).

 

"Sebagai wujud penghormatan dan rasa cintanya kepada prajuritnya yang gugur, direncanakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, akan memimpin langsung upacara pemakaman Serda M Rizal Maulana Arifin salah satu korban kontak tembak tersebut di Bandung," kata Tatang dalam keterangan resmi Dispenad yang diterima di Jakarta, Kamis.

 

photo
Skenario Pemekaran Papua - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement