Senin 24 Jan 2022 17:01 WIB

KAI Daop 5 Purwokerto Tawarkan Harga Tiket Bersubsidi

Kemenhub mengalokasikan anggaran Rp 3,2 triliun untuk subsidi kereta api.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Petugas memasukkan barang milik penumpang ke dalam gerbong kereta api di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Senin (20/12). Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan kembali anggaran sebesar Rp 3,2 triliun lebih untuk penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik (Public Service Obligation/PSO) dan subsidi kereta api perintis tahun 2022.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas memasukkan barang milik penumpang ke dalam gerbong kereta api di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Senin (20/12). Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan kembali anggaran sebesar Rp 3,2 triliun lebih untuk penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik (Public Service Obligation/PSO) dan subsidi kereta api perintis tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Masyarakat di sekitar wilayah Daop 5 Purwokerto, yaitu yang terletak di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Kebumen, Purworejo, Cilacap dan Brebes kini dapat menikmati kembali transportasi publik kereta api dengan harga yang terjangkau. Hal ini karena pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan kembali anggaran sebesar Rp 3,2 triliun lebih untuk penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik (Public Service Obligation/PSO) dan subsidi kereta api perintis tahun 2022.

“Melalui PT KAI (Persero) subsidi pemerintah tersebut diselenggarakan untuk memberikan pelayanan KA yang selamat, aman, nyaman, sehat dan dengan tentu harga yang terjangkau oleh masyarakat,” jelas Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat, Senin (24/1/2022).

Baca Juga

Adapun penandatanganan kontrak penyelenggaraan PSO dan subsidi kereta api perintis tahun 2022 telah dilaksanakan oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub dengan Direktur Utama PT KAI. Hal ini berdasarkan Keputusan Kementerian Perhubungan Nomor KM 250 Tahun 2021 tentang Penugasan kepada KAI untuk Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Orang dengan Kereta Api Kelas Ekonomi Tahun Anggaran 2022 dan KM 249 Tahun 2021 tentang Penugasan kepada KAI untuk Penyelenggaraan Subsidi Angkutan Perintis Tahun Anggaran 2022.

Bagi calon penumpang, untuk menikmati layanan kereta api PSO tetap harus dengan syarat menunjukkan surat negatif Covid 19 yang bisa dilakukan dengan pemeriksaan RT Antigen di stasiun dengan harga terjangkau yaitu hanya Rp 35 ribu. Adapun di wilayah Daop 5 Purwokerto, calon penumpang dapat memanfaatkan layanan RT Antigen di Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Cilacap dan Sidareja.

 

“Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan sepenuhnya subsidi yang diberikan oleh pemerintah dalam layanan moda transportasi kereta api,” kata Daniel.

Daniel menambahkan, meskipun saat ini penanganan Covid 19 sudah dapat terkendali, namun kita tetap harus waspada karena adanya mutasi-mutasi virus Covid 19 yang harus kita hadapi. Oleh karena itu, KAI senantiasa terus menyediakan layanan moda transportasi yang sehat selama masa pandemi Covid 19.

Secara berkala para Petugas FrontLiner mendapatkan pemeriksaan negatif Covid 19. Selain itu, pada saat akan berdinas dilaksanakan pula pemeriksaan kesehatan untuk memastikan  kondisi tubuh petugas dalam keadaan sehat, fit dan siap untuk melaksanakan pelayanan kereta api.

Berikut daftar Kereta Api subsidi Pemerintah dalam kontrak tahun 2022 yang melintas di wilayah Daop 5.

1. Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh:

KA Bengawan relasi Purwosari – Purwokerto - Pasar Senen PP tarif Rp 74 ribu

KA Kahuripan relasi Blitar – Kroya – Kiaracondong PP tarif Rp 84 ribu

2. Kereta Api Ekonomi Jarak Sedang:

KA Serayu Pagi relasi Purwokerto – Kroya – Kiaracondong – Pasar Senen PP tarif Rp 67 ribu

KA Serayu Sore relasi Purwokerto – Kroya – Kiaracondong – Pasar Senen PP tarif Rp 67 ribu

KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo – Kroya – Kiaracondong PP tarif Rp 62 ribu

3. Kereta Rel Diesel (KRD) Ekonomi:

KA Prambanan Ekspres relasi Kutoarjo – Yogyakarta PP tarif Rp 8 ribu

4. Kereta Api Ekonomi:

KA Pasundan Lebaran relasi Surabaya Gubeng – Kutoarjo – Kroya – Kiaracondong tarif Rp 94 ribu

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement