Sabtu 22 Jan 2022 09:30 WIB

Dua Eks Danpaspampres Promosi Bareng Jabat Pangkostrad dan Wakil KSAD

Mayjen Agus Subiyanto dan Mayjen Maruli Simanjuntak pernah menjadi pengawal Jokowi.

Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen Maruli Simanjuntak dipromosikan sebagai Panglima Kostrad.
Foto: Dok Kodam Udaya
Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen Maruli Simanjuntak dipromosikan sebagai Panglima Kostrad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mutasi dan promosi di lingkungan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) dan tiga matra kembali bergulir. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meneken Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi (Pati) TNI melalui Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI pada Jumat (21/1/2021) malam WIB.

"Dari 328 perwira tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk kedalam jabatan satuan-satuan baru TNI (diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI) seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI," demikian siaran pers Pusat Penerangan (Puspen) TNI di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga

Di antara pati yang mendapat promosi dari bintang dua ke bintang tiga adalah dua eks Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Tugas Danpaspampres adalah mengawal RI 1. Keduanya adalah Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto dan Pangdam XI/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak.

Jika Maruli menjabat Danpaspampres periode 2018-2020 maka Agus menjadi Danpaspampres pada 2020-2021. Agus promosi menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Letjen Bakti Agus Fajari dan Maruli menduduki jabatan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman sudah diangkat sebagai KSAD. Dudung harus dua bulan merangkap jabatan KSAD dan Pangkostrad.

Sebagai orang nomor dua di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Agus pernah menjabat Komandan Kodim 0735/Surakarta pada 2009-2011 saat Joko Widodo (Jokowi) menjadi wali kota Solo. Agus juga sebelumnya menjadi Komandan Korem 061/Suryakencana yang mengawal teritorial Istana Bogor, tempat Presiden Jokowi tinggal.

Sementara, Maruli langsung dilantik sebagai Komandan Grup A Paspampres saat Jokowi dilantik sebagai Presiden RI pada 2014. Kemudian, dia dipromosikan menjadi Komandan Korem 074/Warastratama yang bermarkas di Solo pada 2016-2017. Maruli merupakan menantu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement