Senin 10 Jan 2022 21:43 WIB

Sudah 27 Daerah di Sumut yang Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Vaksinasi anak dilakukan di daerah yang target vaksinasinya telah tercapai.

Vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaporkan, saat ini sudah 27 kabupaten dan kota di wilayah tersebut yang telah memenuhi syarat vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi anak usia 6 tahun hingga 11 tahun. Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah mengatakan, jumlah tersebut diperoleh setelah 18 daerah dinyatakan memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi anak per 8 Januari 2022.

"Sebelumnya hanya sembilan kabupaten dan kota di Sumut yang bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun," katanya di Medan, Senin (10/1/2022).

Baca Juga

Ia menyebutkan, ke-18 kabupaten dan kota tersebut yakni Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara, Nias, Padang Lawas Utara, Serdang Bedagai, Binjai, Asahan, Tanjung Balai, Tapanuli Tengah. Kemudian, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Simalungun, Langkat, Batubara, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, dan Tebingtinggi.

Sembilan daerah yang terlebih dahulu memenuhi syarat dan sudah melaksanakan vaksinasi anak adalah Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Toba, Pematangsiantar dan Sibolga. "Kesembilan kabupaten dan kota ini termasuk sebagai daerah tahap I vaksinasi anak dari 115 kabupaten/kota di Indonesia," ujarnya.

Aris menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi anak ini dapat dilakukan di daerah dengan capaian vaksinasi 70 persen dosis I dan 60 persen dosis II untuk vaksin lanjut usia. Tujuan vaksinasi anak untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi Covid-19, mencegah penularan ke keluarga dekatnya yang belum mendapatkan vaksinasi.

"Serta mendukung pembelajaran tatap muka dan mempercepat tercapainya herd imunity," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement