Senin 10 Jan 2022 12:55 WIB

Megawati ke Puan: Kita Ini Apa Sudah Lupa pada UUD 1945?

DPR selalu diingatkan agar buat UU sesuai dengan UUD 1945.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ilham Tirta
Megawati Soekarnoputri.
Foto: BPIP
Megawati Soekarnoputri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritisi produk legislasi yang dibuat DPR. Dia mengaku kerap mengingatkan Ketua DPR, Puan Maharani, yang juga putrinya untuk membuat undang-undang (UU) sesuai dengan UUD 1945.

"Sekarang saya sering, kebetulan kan putri saya ketua DPR, saya suka bilang begini, sebetulnya kita ini apa sudah lupa sama UUD 1945 ya?" kata Megawati dalam pidato politik perayaan HUT ke-49 PDIP secara daring, Senin (10/1).  

Baca Juga

Megawati menegaskan, UUD 1945 merupakan sumber dari segala perundangan. Karena itu, dirinya juga sering mengingatkan Fraksi PDIP di DPR untuk selalu melihat UUD 1945 dalam proses pembuatan undang-undang.

"Saya selalu mengatakan kepada fraksi saya, mbok ya kalau apa pun yang mau dituangkan ke dalam UU itu selalu melihat dulu di UUD 1945 itu," kata dia.

Megawati mengatakan, karena UUD 1945 merupakan sumber dari seluruh UU, seharusnya antara UU dengan UUD 1945 harus berhubungan. Megawati juga mengungkapkan, titik kulminasi dari perjuangan bangsa terjadi ketika para pendiri bangsa berkumpul merumuskan keseluruhan gagasan terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia melalui sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Dalam sidang BPUPK itulah keputusan strategis tentang falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, serta Pancasila disepakati. "Itulah mukadimah dan batang tubuh UUD 1945, dirumuskan dengan sangat visioner," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement